a personal blog from Fadli Wilihandarwo

Sariawan Ternyata Ga’ Perlu Pake Obat

Sariawan (seriawan) merupakan salah satu keluhan pada mulut yang umum terjadi Indonesia. Sariawan yang sering kita alami tidaklah sama dengan “scurvy. Dan sariawan juga bukan sebuah gejala yang mendahului terbentuknya scurvy. Karena scurvy pada zaman sekarang sudah sangat jarang terjadi di dunia.

Apa sih scurvy itu ?

Scurvy dahulu terjadi ketika orang-orang Eropa berlayar selama berbulan-bulan lamanya untuk berpetualang dan mengambil rempah-rempah yang sangat berlimpah di Asia. Karena berada di atas lautan selama berbulan-bulan, maka para awak kapal tidak bisa mengkonsumsi sayur dan buah. Akibatnya tubuh mereka kehabisan total vitamin C. Padahal kita tahu vitamin C ini sangat dibutuhkan oleh seluruh sel-sel hidup agar dapat berfungsi dengan baik. Makanya timbullah luka-luka pada berbagai tempat, misalnya pada mulu, gusi, dan lidah. Tak hanya itu, selaput lendir mata, usus, hidung, serta kulit juga menunjukkan gejala yang sama.

Melihat keadaan demikian, seorang dokter kapal Inggris, James Lind (1747) berusaha meniliti kenapa keadaan demikian bisa terjadi. Lantas ia mengadakan percobaan di atas kapal tersebut dengan memberi makan separuh dari awak kapal dengan 2 jeruk orange dan sebuah lemon setiap hari. Ternyata kelompok yang diberi makan jeruk ini tidak terserang scurvy, sementara yang tidak diberi buah mengalami sakit. Kemudian ia menyimpulkan bahwa kekurangan vitamin C-lah penyebabnya.

Kondisi Sariawan Saat Ini 

sariawan

Dan sekarang, kondisi seperti di kapal tersebut hampir-hampir tidak pernah terjadi lagi. Namun, masyarakat tetap makan vitamin C (kadang-kadang dosis tinggi) untuk mengobati atau mencegah sariawan. Padahal, tidak terdapat bukti ilmiah bahwa sariawan (biasa) dapat disembuhkan oleh vitamin C. Walau memang benar, vitamin C sangat diperlukan oleh tubuh kita sebagai salah satu bahan membentuk jaringan tubuh. Dan alam telah menyediakannya secara berlimpah dalam tomat, jeruk, paprika, cabai, serta berbagai jenis buah dan sayuran dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Dan biasanya sariawan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari bila makanan yang merangsang seperti cabai, cuka, dan yang bersifat asam dihindari untuk sementara.

Kebutuhan vitamin C sendiri diperlukan kira-kira hanya 100 gram per hari tiap orang. Jadi tentu alangkah berlebihannya jika kita memakan vitamin C dosis tinggi hingga 1000 mg. Sangat mubazir dan buang-buang duit, karena sisa vitamin C tersebut akan dibuat melalui urin kita.

Dan sebaliknya, ada kecurigaan bahwa vitamin C dosis tinggi (terutama yang dilumatkan dalam mulut) dan makanan yang pedas serta asam merupakan penyebab bahkan memperpanjang sariawan. Banyak laporan yang menyatakan orang-orang yang memakan jeruk asam dari Australia (yang banyak di jual di Indonesia), biasanya langsung terserang sariawan. Dan bila dilakukan challenge test (diberi lagi) sariawan akan timbul lagi.

Namun ada faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan sariawan, diantaranya adalah gigi geraham yang runcing karena patah atau karsinoma.

Lantas Bagaimana Mengobati Sariawan yang Benar ?

Dipasaran sekarang tersedia berbagai macam obat untuk mengurangi rasa sakit akibat sariawan. Ada yang berbentuk sirup maupun salep oles. Pilihan kembali kepada Anda, mau menunggu beberapa hari untuk hilangnya sariawan (dengan tidak makan-makanan yang merangsang tentunya) atau membeli obat di apotek karena merasa mengganggu aktifitas sehari, itu terserah Anda.

Namun saran saya, membiarkan sariawan sembuh sendiri adalah pilihan yang bijak. Secara normal, sariawan akan sembuh sendiri kira-kira seminggu. Selama itu, tentu saja jangan makan-makanan yang pedas untuk mencegah keparahan yang berlanjut. Obat kumur herbal yang dijual di pasaran cukup mumpuni untuk mengatasi sakit ini.

Anda punya pengalaman dengan sariawan dan punya solusi yang manjur ? Berbagi dengan pembaca lainnya di kolom komentar.

Fadli Wilihandarwo

Medical Student, Entrepreneur, Blogger, Graphic & Web Designer

246 Comments

  1. minum vitcee, malah kadang merasa juga sebagai pencetus sariawan itu sendiri…

    setelah saya mengamati, rasanya juga lebih disebabkan oleh panas dalam yang mana saya terkadang minum air dingin setelah makan yang masih agak panas…

  2. Yah, tips yang bagus… Lam kenal ya…

  3. pake albotyl, perih sih tapi tahan aja … manjur banget

  4. kaka milanisti Reply to kaka

    gw udah nyobain berbagai cara gak mempan, ada gak tips yg mudah dilakukan supaya gak sariawan?

  5. gw salah satu orang penderita sariawan…
    dalam sebulan selalu ada…

    dulu memang pake abotyl, tetapi skrg gak manjur lagi….
    ada gak yang lebih manjur…..

    perih kali rasanya…

  6. albothyl sekarang udah ga’ bikin perih lagi koq…..

  7. terus maksudnya sariawan ga perlu pake obat apa ya?

  8. Sariawan itu karena dosa-dosa kita, misal sering bicara atau nulis yang nyakitin hati orang, yang kadang di sadari dan tidak di sadari. Sariawan ini juga salah satu bentuk kasih sayang Allah Subhanahu wa Ta’ala, karena dengan penyakit sariawan ini dosa-dosa kita digugurkan sedikit sedikit, jadi dosa menyakiti hati ornag dengan kata2 atau tulisan yang kita tulis jadi sedikit-sedikit dikurangi, kalau sariawannya agak lama berarti dosa nya dikurangi banyak.

    Atau jangan2 sering menyakiti teman dan saudara dengan kata-katanya. atau mungkin karena dosa yang lain.

    Jadi bersyukurlah kalau dapat sariawan, dosa-dosanya dihapusin sama Allah Suhanahu wa Ta’ala.

    Obat sariawan , banyak-banyak istighfar (mohon ampun kepada Allah / mohon maaf kepada teman2 yang pernah disakiti hatinya) lalu di barengi dengan sedekah, coba saja.

  9. sariawan sudah menjadi penyakit langganan saya sejak kuliah sampe sekarang. Dari albotil sampai kenalog udah tak coba tapi kok y masih sariawan aja,,obat yang manjur apa y??solusi dari si akhsan boleh juga,,tapi kok kayaknya aku malah sering jadi tempat curhat sama temen2..Wah berarti dosaku dah berkurang banyak y cz sering sariawan..hehe…..

  10. menurut saya, sariawan merupakan penyakit yang bisa hilang dengan sendirinya tanpa kita berikan obat. sariawan itukan bisa di akibatkan dari faktor psikologis juga. sebagian orang yang mempunyai stres, kadang bisa menimbulkan sariawan loh…

    tapi jika ingin mempercepat penyembuhan pake borax gliserin yang di jual di apotik dan ditambah dengan vitamin C dosis tinggi. jangan suka pake albotyl, emang cpt nyembuhin sariawan. tapi kalo salah pemakaiannya bisa jadi ulkus atau sariawan yang lebih besar lagi dan bisa jg jadi chemical burn.

    kalo ada salah kata dari saya mohon di koreksi, karena sayapun masih harus banyak belajar.. dan kalo sempat, teman2 bisa juga liat website saya di http://www.indahmuhariani.com/
    trimakasih

  11. saya jg sering sariawan hampir tiap bulan.coba aloclair ga perih sih tp mengurangi nyerinya.kalo abhotyl sy ga kuat perihnya, sama kenalog udah ga mempan.

  12. walah mas aq hampir tiap bulan kena sariawan tak obati pake ramuan tradisional
    air kunyit dan madu murni ramuan si mbah cepet juga sembuhnya..

  13. wow……………………..kuhrap sariawanku sembuh n bisa makan enak lagi…………………………………………………………………………sariawan…………………………oh sariawan………………………

  14. aq uda ngalamin sariawan menahun yg gak pernah sembuh2 slama 10thn.Sariawan selalu pindah2 dan datengnya gak cm 1-2biji..sekaligus bisa 5-6bj.Dan bentuknya gak imut2..lebaaarrr2 deh..aq jg bingung cara nyembuhinnya.Smp segala mcm obat udah dicoba tp ga bisa selamat juga dr penderitaan ini..mo ke dokter gak ada yg bener2 bisa ngasih solusi.Bilangnya krg vit C trus.Pdhl tiap aq makan buah sariawannya makin parah..ada yg bisa bantu?? hopeless neee..:(

  15. Ikut urun rembug, sariawan memang gak ada hubungan langsung dengan vitamin C. Hanya saja bila vitamin c cukup maka sistem pertahanan tubuh akan membaik dan pertahanan jaringan juga membaik. Sariawan sendiri sebenarnya istilah awam untuk menggambarkan luka dalam mulut, yang sebenarnya bisa terdiri dari berbagai penyakit. Bila mengalami masalah dengan sariawan, silahkan darang ke RSGM (rumah sakit gigi dan mulut ) yang biasanya kepunyaan suatu FKG, dibagian oral medicine atau penyakit mulut. Eh.. sorry ni jadi kepanjangan.. lam kenal sama yang punya blog..

  16. ada yg bilang, klo sariawan, pake aja garam yg ditaburi tepat di sariawannya.. katanya sih cepat sembuh.

  17. saya punya tips nech buat para pecinta sariawan… saya juga sering loch ngalamin yang namanya sariawan… kalau orang tua saya sech pernah ngasih saran kalau sariawan itu bisa di obati dengan daun saga… coba aja dech,pasti sembuh!!!

  18. lam kenal semua
    sariawan oh sariawan…gue seumur hidup ga pernah terlewat dg si imut sialan ini hampir tiap minggu, kadang gantian posisinya….dari yang tradisional sampai modern sudah gue coba resepnya…gimana niih

  19. waduh…. dr kemaran sariawan dimulut gw ga ilang2. tak tempelin Xon_cee sehari ada 10 biji, aku olesin madu juga, tetep…..aja ga ilang2. sakit minta ampun…..

  20. tarna si penderita sariawan Reply to tarna

    emut aja mercon segede batu bateri ujung nya biarin diluar lalu disult dengan korek api, terus merem aja tunggu sampai bunyi doarrrrr….. pasti tidak sembuh tapi tambah parah.

    maaf ya bercanda mudah – mudahhan bisa tertawa terus mengobati sariawan.saya juga lagi sariawan nich , sebel dech

  21. btw, semalem sariawannya tak kasaih garam. Wuihhhh….perih bgt!!!!! hmpir sama ky pake abotil. tp lmyn mending. walo skr masi GD bgt ky bulan. Pengen nagis tapi ga bs. senel bgt. sabar….

  22. hi lam kenal semua,,,,

    kayana seru nech kasih comment bout sariawan!!! cuma mw kasih saran kalo kena sariawan katanya ga diobatin jg bisa sembuh SALAH BANGET tuh…tp jujur az i sangat jarang kena sariawan cz i lumayan sering kumur pake Albothyl truz kalo ada yg bilang Albothyl perih banget kayana lum tw trickna tuch..cz harusna sebelum ditotolin ke sariawan,,kumur dulu pake albothyl yang udah diencerin. Thx – imel (n_n)

  23. :cry: aku pernah sariawan sampai hampir 2minggu.trus aku periksa ke puskesmas. kata dokternya ak bukan cuma kurang vit C tp juga kurang vit A

  24. aku jg lagi sariawan niiiii
    mank sebel bgt gi sariawan gni. mgkn krena kbanyakan bikin dosa mulut kali ya ???
    heks heks.., tp ga papa lah. mdhan bisa jd pengapusnya.

  25. ternyata banyak juga yang mengalami sariawan yang menahun, kirain cuma sy saja yang menderita cukup lama karna penyakit sariawan yang berkepanjangan ….. seperti tidak ada matinya, semua obat sudah pernah di coba, awal berhasil tapi nanti lama2 jadi imun, ada kah yang sudah sembuh dari penyakit ini bisa share obat or cara nya ???

  26. Klo menurut saya sih orang yang kena sariawan tuh jarang baca doa sebelum makan. Makanya di uji sama Allah SWT.
    Btw, denger2 klo sariawan disiram air panas tuh cepet sembuh bener ndak sih?
    Aq dah coba siram air panas malah tambah gede. Ndak sakit sih setelah itu tapi cm bbrp jam aja. Besoknya tambah gedeeee…… :(

  27. Sariawan
    Ktay c ad hub.x dgn kstabilan N keshatan lambug stiap orag
    Aplg bg org yg puny magh..
    Kyky sering bgt tu kena pnas dalam
    Obat yg efektif adalah
    Mnum obt kumur stiap hri dalam keadan skit to tdk
    Minal 4 hri skali lah:neutral:

  28. anakku 5,5 tahun sariawan udah 2 hari ini, gak mau makan, ngomong susah padahal biasanya banyak makan, sebelumnya gak pernah sama sekali. jadi bingung.. mana susah kalo disuruh makan obat lagi. search di internet obat sariawan..ketemu borax gliserin dan kenalog.
    Barusan ku coba mudah-mudahan cepet sembuh ya… kasihan udah 2 hari minum susu di sendokin aja.. gak masuk makanan sama sekali..rasanya pengen kubawa ke RS biar diinfus aja. doain ya..cepet sembuh.

  29. gw sariawan biasanya kegigit (kerakusan Xya) cuma sembuhnya kok lamaaa buanget, trus dari lobang sariawan sering keluar rembesan darah, ni sariawan jenis apa dan apa obatnya ya????

  30. Blognya bagus om…pengen ilmu yg buat sms gratisnya nih… :lol:

  31. Koq obt na trblik,
    kta na bnyk knsmsi vitcee, bklan nymbhn sariawan,

    koq mlah trblik?
    Obt pa ja lg yg lbh mnjur??

  32. aku baru sembuh dr sariawan di lidah, dekat pangkal lidah, n pipi, stl menderita slama 1 minggu. bisa dibayangkan, gmn sengsaranya.

    penyebabnya, habis makan kripik singkong yg ada taburan rasa asin dan manis trus krg minum n kumur sehabis makan. kayaknya makanan yg mengandung vetsin/micin juga bisa memicu sariawan, nih…

    biasanya kalo mulai panas dalam, aku minum segar dingin n ngga jadi sariawan. kalo ngga ada, bisa minum madu yg dilarutkan dlm air dingin segelas, minum vit.c, atau lo han kuo. tapi kalo udah jadi sariawan, mendingan minum air madu atau lo han kuo biar ngga perih, plus banyak2 minum air putih.

  33. :cry: setiap sebelum dan sesudah menstruasi aku selalu sariawan ,sedih bgt krn setiap bulan harus merasakan sakitnya sariawan 2 x, dan segala obat sudah aku coba,dari vit c,abotyl,serbuk cina,enkasari,sampai ke kenalog yang 50 rbu tapi kecil bgt.dan setiap bulan aku harus beli itu krn agak manjur bt ngurangin rasa sakit,tapi te2p aja kl mens blm keluar ,tu sariawan masih betah,dan kalau udah keluar mensnya walaupun blm ilang tapi sakitnya dah berkurang buanyak,konsultasi kedokterpun sudah ,hasilnya tetep aja tiap bulan dapet sariawan,please help me????

  34. pakai obat apa aja nggak mempan. Dari yang murah sampai yang mahal sudah saya coba. Malah saya sudah ke 3 dokter. dikasih antibiotik dan obat setelah habis beberapa minggu kemudian kumat lagi. Ada yang bilang alergi, kurang vitamin C, macam-macam lah. Padahal saya termasuk orang yang pendiam. Takut ngegosip, tapi tetep aja sariawan. Tolongin dong?????????

  35. :eek: kebetulan banget ne gw pas lgi sariawan,,
    rasanya sakit banget

  36. Kalo sariawan biasanya kan ada lubang warna kuning….kalo kau tuh dilidah….kayak ada bintik2 kecil……rasanya ga ngenakin bgt….krn banyak….jd lidah jd kayak kaku gitu….makan ga enak krn ga berasa ,ini termasuk sariawan apa ya?

  37. aku juga pusing nih, beberapa hari sariawan gak sembuh2!
    gak cuman 1 tapi beberapa, di lidah bagian samping kiri dan kanan, di pipi, ujung lidah 1, tepi kerongkongan luar(antara gigi atas dan bawah) waduuuuuuuuu rasanya dahsyat! kayaknya sih krn panas dalem! badan jadi lemes, abisan makan gak nyaman (jd males makan)
    dah minum ademsari, gak mempan, kumur pake aer garem lumayan, tp lom sembuh juga! biasa didiemin 3 hari klar, ini dah hampir seminggu masih betah aja!

    gimana yah? :???:

  38. dah ketemu deh obat sariawan yg manjur…
    pake daun sirih direbus ama garam dapur ampe mendidih, setelah anget2 pake buat kumur-kumur berulang, ternyata manjur lho!

    gak nyangka aja, ternyata obat tradisional malah manjur, coba aja, sapa tau cocok juga buat kalian! :razz:

  39. mas dodok Reply to mas

    :razz: :lol: :sad: Sedih aku, sudah 3 hari sariawan pating greges di mulutku, rasanya senut-senut. Pasti kata ustad Danu aku banyak dosa di mulut ya. Astaghfirullah.

  40. Cobain madu aja kali, Insya Allah sariawan kabur

  41. Ouch..
    Lagi sariawan juga nih. Letaknya di bawah lidah. Tersiksa banget.. Udah 3 hari belum sembuh2 juga.. :’(

  42. akuh juga lagi sariawan,
    duh penyakit langganan banget
    mana lagi flu juga
    pufff… :cry:
    gimana yah?
    bener gitu karena dosa?klo itu c doain ajah moga cepet dihapusin dosa2 nya aku biar cpt sembuh.
    hmm..emang c akuh suka lupa baca doa sebelum makan :grin:
    itu x yah
    maksih,

  43. NANIA ALI Reply to NANIA

    Sariawan juga terjadi kalo kondisi kita lagi stress, banyak pikiran, capek….

  44. wah rame juga, a juga lagi kena nih mudah cepat ilang nih sari wawan nya :D

  45. aku sdh 2 tahun sering terkena sariawan.sudah berbagai cara di coba, tapi sembuhnya lama betul …apa ya solusinya ? padahal setiap hari makan sayur dan buah-buahan

  46. Iya nih, hampir tiap bulan kena sariawan, ternyata bukan cuma aq yg ngalamin.
    Ntar pulang mau coba rebus air sirih pake garam ahhh………..

  47. fandi candra Reply to fandi

    sebelmnya prknalkan pak nana saya pandi…saya kul d smg…gini
    pak saya kena sariawan dah hampir 3 bln…dan biasane sya kena sariawan klo dah blik ksmg (kos) emang seh wkt dkos saya krang mkan buah2an…tp klo d rmah saya selalu rutin mkan jeruk& insyaallah jrang kena sariawan…ad yg blg saya ini stress,tp saya gk p”nah pya beban apapun…
    mkin bpk bsa mnjawap prtbyaan sy….
    trimkasih pak…salam hormat saya

  48. Bams Widi Reply to Bams

    Duh…sariawan di Lidah obatnya apa ya?….Udah 3 Hr belum sembuh …Udah coba Abotyl belum sembuh jg….

  49. sariawan dah 2x dlm sbln, cmn 3hr sehat…eh skrg dah nongol lg d bibir yg bwh ma lidah sblh kanan…capek bgt dgn sgla obat d cobain :(
    ada obat yg laen gak ??
    sering muncul niey…..sariawan…..

  50. berbagi pengalaman…….saya ( 40 Thn) sangat dicintai sariawan, sudah hampir 10 tahun ini datang dan pergi, tiga tahun terakhir sangat gawat, nyaris tiada hari tanpa sariawan, satu belum sembuh yg lain menyusul dan biasanya ada tiga sariawan (minimal) dengan rekor 10 sariawan pada satu periode, tempatnya di lidah, gusi dan pipi dalam, bentuknya pun sangat besar cenderung mengerikan…..dokter sudah angkat tangan….segala obat-obat dari tradisional sd medis sudah gak mempan, bahkan pernah uji lab ketahanan tubuh (setingkat di bawah tes HIV) tapi hasil lab nya negatif …..buah? saya penyuka buah khususnya strawbery yg sangat kaya vit C , sekarang apa yg saya lakukan ? tidak ada…..hanya didiamkan saja menunggu sembuh sambil juga menunggu kedatangan sariawan yg baru, begitu seterusnya…..saat saya menulis ini, sariawan besar berjumlah 4 ( dua di lidah sisanya di gusi) menemani saya……yg saya takutkan……ini awal pertanda kanker mulut (naudzubillah…..)…..silahkan browsing artikel mengenai ini….

  51. Sama nih.. gw jg kena ama si “S’ itu.. tp awalnya tempat sariawannya ada di mulut sebelah luar diujung kiri dan kanan mulut.. jadi bisa dibayangin dong jangankan makan pedes (kesukaan gw) tp mau ngomong aja males karena pas ditempat mulut kt ngebuka geto, trus sekarang udah ke lidah segala.. kalo makan sedikit pedes aja nih wuiiiih perihnyaaa ampun deh.. gw dah coba kenalog tp tetep timbul lagi.. terus abotil.. alamak perihny kerasa sampe ke ulu hati.. buset deh.. jadi trauma gw.. ada gak sih obat yang beneran manjur mahal gak apa2 gw jabanin deh.. dulu2nya gw gak pernah sariwan tuh kenapa belakangan jadi sariawanan gini yaa?? nasibku.. hik hik hik..

  52. Nimbrung donk….. aq Juga lagi sariawan nih.kata org cih, aq imut tp sariawan ga menyesuaikan org. ampun deh gedenya, udah hampir 1minggu.Tiap hari cuma bisa makan yang berkuah terus.ini berawal dari aq mo kena pilek.Trus aq mnm Xon-Ce eh… si imut yang menyakitkan ini malah dateng.apa aku kebanyakan dosa ya??? mudah-mudahan cepat sembuh, buat temen2 penderita penyakit ini.qt semua harus saling mendoakan.Semangat lawan terus Sariawan…….:-)

  53. aku indra,,kasusku sama seperti 14.ellice, 25.reni dan 51.Me tolong pak blog agar saya dapat menghubungi mreka,atau sebaliknya email saya indrasaja10@yahoo.com terima kasih atas bantuannya..

  54. Sariawan . . .memang menyebalkan … udah coba yang tradisional “getah jarak, Daun Saga, Akar Alang-Alang, Daun Sirih ” atau coba aza “Jlly Gamat” ( Tripang)
    Insya Allah Sembuh . . kalo obat obat dokter . . .ya tanya dokter deh … kalo yang tradisional bisa didapat kapan saja. . .

  55. wadohh,…sariawan dibawah lidah memang paling menyakitkan,..mau makan susah,..mau ngomong jg susah…lagi coba pake enkasari….udah 3 hari sari wawan,,,,

  56. Halo semua gw pernah ngalami sariawan ni..memang kesiksa banget, malahan dampak dari penyakit ini bisa menurunkan berat badan..jangankan makan, ngomong aja butuh perjuangan..hiks-hiks..tapi… Hore…!!!sekarang oe dah sembuh dari penyakit laknat tersebut…saran gw kalau makan jangan yang pedes, asem, panas, dan jaga kebersihan mulut dan sering kumur dengan anti bakteri..karena gw yakin elo-2 yg sariawan males sikat gigi kan? (gw udah bisa ngebayangin klo orang sariawan sakit gigi trus kena lukanya…wah tak terungkapkan dengan kata-kata..bisa-bisa mengeluarkan air mata) harus minum banyak air putih…dan sering mengkonsumsi buah…memang kalau kita makan yang bervitamin c mulut akan perih, tapi seperti pepatah bilang ” Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ketepian, bersakit-sakit dahulu untuk sembuh kemudian”.. Memang ngak mudah butuh perjuangan…tergantung seberapa semangat kita.

    Jangan stres, lebih baik santai aja..karena bisa mengurangi energi kita, dan kalau soal obat “Lebih baik belajar dari kesalahan orang, bukan belajar dari pengalaman”…Albothly obat ini memang bagus untuk menyembuhkan sariawan…tapi obat ini beresiko tinggi…bisa aja sariawan kita tambah melebar, dan menimbulkan luka karena daya bakarnya sangat tinggi ( maksud gw, obat ini panas karena itulah bisa menyembuhkan) tapi setelah mengonsumsi ini kalian akan kebal terhadap obat lain setelah obat ini tidak manjur lagi buat anda…dan obat adalah memakai bahan kimia, lebih baik tidak usah diobati, dari pada tambah parah…penyesalan pasti di akhir cerita.

    Makanya sariawan ga perlu pake obat, obatnya adalah dari diri kita sendiri dan apa yang kita konsumsi. Untuk obat kumur cari yang dibuang (maksudnya di kumur langsung di sembur ke luar) jangan yang ditelan berbahaya bagi lambung…Sariawan di akibatkan panas dalam jadi jangan memakan makanan yang bersifat panas di perut seperti; Mie, gorengan, nasi goreng, camilan yang berminyak…lebih baik makan yang bervitamin c (sayur rebus, jus buah, madu , alnga-alang,dll)….Buktinya gue dah sembuh dari sariawan, sekali lagi tidak pake obat, jangan cari yang cepet atau instan…memang gw ngalamin kepinginnya cepet sembuh tapi sabarlah…karena itu juga kesalahan kita…karena kita kurang rajin membersihkan mulut kita dengan anti septic..sabar aja ya…!! Ya kalau bicara soal dosa sih gw ngak yakin soal itu, karena penyakit ini bukan sekedar dosa tapi kelalaian dan menganggap remeh… nah gw bagikan pengalaman gw…semoga ngebantu ya,,klo ada kata-2 menyinggung sory and..saya tunggu balasannya. Thanks.

  57. sama nih gw jg lagi sariawan, tinggal nunggu sembuh,mudah2an ini sariawan yang terakir dalam hidup gw lol

  58. assalaamualaikum,
    wah… saya senang bisa membaca pengalaman2 para “pejuang anti sariawan”. saya termasuk orang yang sering terkena sariawan, sembuhnya lama, kalau lagi timbul penyakitnya tak jarang jumlahnya lebih dari 5, sampai berlubang lebar2 dan dalam, tak jarang pula sariawan mengeluarkan darah, terutama kalo tempatnya di ujung lidah. terkadang karena sariawan ini menjadikan malas makan, malas ngomong, malas baca, malas baca al-qur’an, karena terganggu oleh perihnya derita sariawan.
    berbagai obat telah saya coba, obat serbuk Cina, albothyl, kenalog, enkasari, daun saga, daun sirih, daun meniran, madu, dll. kalo ke dokter dibilanginnya kurang vitamin C, diberikanlah vitamin C, biasanya ditambah obat lambung (antasid) dan antibiotik.
    Terkadang waktu-waktu tertentu pernah sama sekali sariawan itu hilang…. tapi gak lama, untuk kemudian datang lagi seperti biasa… Hidup seperti ini telah saya jalani sejak lama… kira2 15 tahunan, sejak merantau ke Jakarta.
    ada benarnya juga mungkin sariawan ini akibat dosa-dosa kita…. sehingga tubuh merespon dan tidak rela kalau tuannya terus-menerus dalam keadaan berdosa… dengan salah satunya mengingantkan melalui sariawan… solusinya banyak istighfar dan bertobat… sebelum sariawannya hilang, berarti kita masih memiliki dosa…. he.. he..??
    Dan kadang-kadang saya mendapati bahwa sariawan saya berhenti tatkala sedang menjalani puasa… seperti sekarang ini… sariawan saya cuma satu dan tidak begitu mengganggu….
    dari pengalaman2 itu dan saya baca2 blog dan responnya, saya berkesimpulan… ada penyebab sariawan itu karena fisik (kecapaian, kurang tidur, kurang vit C, pola makan yang salah, dll) dan ada penyebab psikis (stress, perasaan bersalah (banyak dosa), banyak angan-angan yang kesampaian, dll)…. silahkan yang mau menambahkan ..he… he…
    maaf kepanjangan.

  59. Saya dari kecil sampai dewasa gini slalu aja kena sariawan yah , biar cepet pake Abotil deh, sembuh.. hebat juga abotil

    saya juga menulis sedikit tentang obat-obat tradisional kalau sempet silahkan mampir ke http://www.ObatKuno.com , salam kenal

  60. obat paling mujarap untuk mengatasi sariawan adalah menikah… itu kt salah satu dokter gigi tmpat ku berobat.. karena sariawan yang berkepanjangan biasanya diakibatkan oleh hormon2 dlmtubuh kita yang terlalu besar, terutama testoteron dan ditambah lg dgn stress yang kita alami yg mengakibatkan bangkit atau timbulnya sariawan dimulut kita.. nah,dengan menikah otomatis hormon2 tersebut dapat lebih tersalurkan…. prcayalah…. terbukti..

  61. Ikutt nimbrung yahh..Wlpn sy jrg kena ama yg namax Mr.Sariawan,tpi ibu sy..Langganan sm Mr.Sariawan,stiap dtg bulan pasti ada n tdk tgung2 kdg ampe 3 buah..Tpi heranx berck2 kyk sariawan ini jg muncul di bg tbhx yg lain kyk di paha.

  62. afwan..numpang koment…..sebenarnya sariawan itu disebut juga RAS…memang biasanya dapat hilang sendiri ..
    .tapi etiologi terjadinya bermacam2…. apabila terjadinya karena oral hygiene yang buruk atopun stress bisa hilang tanpa perawatan lebih lanjut…karena itu dari diri kita sendiri tapi apabila disebabkan karena trauma harus dilakukan perawatan…ataupun sariawan merupakan komplikasi dari suatu penyakit tertentu….tapi umumnya ya itu karena oral hygiene yang buruk ato karena stress….. untuk lebih lengkapnya baca aja di ” ilmu penyakit mulut”…insyaaalllah ada…

    afwan ya sebelumnya met kenal :lol:

  63. untuk yang masih sariawan berkepanjangan atopun terlalu sering mengidapnya….coba periksa ke dokter gigi….jangan dianggap remeh itu mr. sariawan lo….syukron…. :roll:

  64. >pengalaman klo pas sariawan , saya minum susu di campur madu, sehari 3 gelas, pagi siang malam, dua hari berikutnya sembuh dech… alhamdulillah.. intinya setiap penyakit pasti ada obatnya….

    >tapi ada juga pengalaman teman .. sebelom menikah yang namanya sariawan sudah menjadi langganan…, tapi setelah menikah gak pernah lagi… jadi intinya yg sering sariawan bersegeralah menikah.. hehe ini serius lhoo…

  65. ????????????????

    apa mksdx sariawan gk prlu pke obat?????
    tlong jlasin dong,,,
    saya ini lg trkena sariawan
    sdh baxk minum vitamin tapi tetap gk smbuh2…

    tolonggggggg……….. sakittttttt……………!!!

  66. Klo nurut aq yah sbg orang awam nih taunya bgw vitamin C itu ucm untuk mencegah…Klo nyebuhin bagusnya minum larutan..

  67. Dri abz Lebaran kmrn , aq jg sring sriawan cz asupn gzi’q krng s’imbng+stez . Bysa’a nympe 1 mggu . Nie jg aq lg sriawn d’bwh ldah+ppi dlm sblh knan . Aq mu nyba gag d’kcih obt akh !!

    Wktu bln puasa aq jg prnh sriawn . Tpi ajaib . Just 3 days . Pdhl gag aq kcih obt , tyuz mkn’a ati2 ..

    Eh , kt cpa sriawn twuh krna mlut qt ktor ? Aq typ abz mkn or ngmil pzti skt ggi , tpi ttp ajj sriawn !!

  68. :arrow: SARIAWAN…..
    bukan dan tidak dikenal sebagai Scurvy………. tapi coba sebagai Stomatitis Aphtosa (Aphtous Ulcer)…….
    bahkan ada yg ngasih masukan sebagai RAS tuh (reccurent stomatitis aphtosa)

    Jamin anda ga akan bingung dan salah lagi.
    ——————————————————————————————————————
    Stomatitis Aphtous/Ulcer BUKAN KARENA KURANGNYA Vitamin C, malahan sebaliknya SA dikenal disebabkan oleh alergi citrus atau alergi makanan yang mengandung asam, kondisi imun yang lemah, obat-obatan tertentu, trauma fisik (ataupun penggunaan gigi palsu baru, mulut terbuka dalam jangka waktu lama), dsb. Gejala klinis berupa ulcer (jeglongan /kubangan) di daerah mukosa mulut disertai dengan rasa nyeri yang extra NYOSSS…..

    Penyakit kekurangan vitamin C sendiri adalah Scurvy atau kegagalan proses sintesis kolagen yang ditandai dengan gusi mudah berdarah, pendarahan kulit (purpura) dsb.

    Terapi yg dapat dilakukan untuk SA bermacam2… seperti tehnik cauterisasi dengan Albothyl, atau cuma dengan GOM (Glyceril Bhorax) yg cuman 5000 Rp dioleskan ke dinding mulut. Tapi pada umumnya sariawan sendiri akan berkurang (sampai hilang) setelah 2 minggu – sesuai dengan masa regenerasi sel-sel yang rusak.
    —————————————————————————————————————–
    Hayo anak FKG……… mana sumbangsihmu…… kasih masukan seneeee.

  69. sariawan ,,,,,kunyah aja daun saga,,,insyaallah sembuh ,,, :lol: :razz: :grin: ;-)

  70. ???? ??????? ????! ??? ??? ???? ????????!!!!

  71. pasti yang baca ini lagi sariawan kayak saya :) dinikmati aja anggap aja sembari diet hehe…

  72. This feels lamisil definition mycological cure skeletons formed effect of alendronate on lungs struck the oxazepam usa cause and purchase ramipril question about hydrocodone naproxen available extra coumadin meters them caught inflamed prostate cipro 14 days seemed oddly medication soma hasm came tobradex ophthalmic chain over usa imitrex prescription and cross diflucan fluconazol though much purchase evista rx on line stood before what is the action lanoxin were washing meridia and weight loss and price ada followed why premarin opal that nasacort zyrtec entex additive too big terbinafine 250 mg tablets and guilt aldara followup post cross wind selsun blue for babies seborrheic dermatitis been listening soma and chicos new figure flomax dizziness his band captopril and mylan the hipbone isosorbide mon er look different hydrochlorathiazide triamterene pretty colored nardil reviews winged creature cipro and avodart this particular health zovirax ogre eyes hplc methods for doxazosin fly there levitra generic cialis matter not generic detrol la their fire cardura and prostate gentle ladies aciphex altace index php you trying evoxac pills his place taking celexa during pregnancy its branches chlorpromazine lexapro wellbutrin mirror and lupus lamisil terbinafine mat other nardil dangers can marry purchase meclizine without prescrition remember her antivert dosage squeeze around aricept nice hat set aphthasol canada had surprised penicillin cephalosporin leave the amitriptyline hlc 10mg their efforts co dovan and plendil like routine side effects of drug compazine itself was oxazepam serax olph muttered metformin help with pcos metformin xr and fear advair forbes magazine bom lay isben heroin bed with nebulized lasix one could strike.

  73. deddy iskandar Reply to deddy

    aduhh tolong banget donk, gw sekarang lagi keserang sariawan udah satu bulan kagak ilang ilang berbagai obat yg di iklanin sampe yang tradisional udah di coba, kesiksa banget aplagi sariawanya 4 penjuru kanak kiri tenggorokan dengan kanan kiri pipi, beneran jadi stresss, berat badan gw dah turun 2kg, karna gak bisa makan,pake apa lagi donk obatnya??????

  74. bang ano Reply to bang

    sariawan emank penyakit yg udh familiar bgi kita,persis kaya penykit flue datang g di undang plang g usah di anter lah,udah 2 hri ini aq lg kna sariawan n mengganggu skli ama pekerjaan,tp ada tmen yg ngsh tau pke abotil aja tp jngn dteteskan ama luka,perihnya minta ampun,,abotilnya buat kumur aja,eh bener bru 2 x kumur skarang udh mendingan,,

  75. sariawan kadang2 mg bikin BT…
    susah makan
    susah ngomong
    bawaannya pengen marah zZZ….

  76. Hola…
    Aku suh jarang kena sariawan, tapi pacarku sekarang lg kena sariawan. pusingggggggg….makan nga bisa, minum susah, kerja juga nga bisa. aduh. abotil nga mempan, adem sari juga sama. yah…gimana lagi dunks? btw, dia kalo kena sariawan, 1thn bisa 2 kali, dan sembuhnya bisa 2 minggu. helppp

  77. Semua orang disini kebanyakan punya kasus yang sama, kena sariawan. Aku dah seminggu kena sariawan. Penyebab awalnya gara-gara bibir kegigit gigi taring. Ada 3 bekas luka dan sekarang dah berkumpul jadi 1 luka yang gede. Tiap hari bukannya tambah baik, tapi sebaliknya. Kalau kumur-kumur ato pas sikat gigi perihnya minta ampun. Pagi hari rasanya males banget buat deket-deket ma pasta, sikat gigi dan air. Dah gitu, sekarang gusi berdarahku tampah parah ikut-ikutan kambuh, saat ini, tiap pagi selalu ada bercak kemerah-merahan di gigi. Mulut rasanya harus jadi area yang diterilkan, dalam artian gak boleh ada 1 bendapun yang masuk.
    Tapi, kalo dilihat dari kondisiku sekarang, aku emang lagi kecapekan banget sih, suka begadang pek pagi trus ada ujian dan kegiatan lain trus ku juga masih seneng ngonsumsi makanan yang pedas n asam. Aku sempat kepikiran, apa sariawanku baru akan sembuh kalo capek di badanku dah hilang? Kalo bener seperti itu, aku harus tambah sabar lagi, coz liburanku masih lumayan lama. Ato ada yang punya pendapat lain?

  78. gini temen temen,, saya juga sedang sariawan,, 3 biji ngumpul jd satu..
    saya pernah tanya temen saya, katannya cara yg paling ampuh, adalah dengan mengusap usap kan dengan garam.. kalo anda memang tahan sakit, cara ini lah yg paling ampuh dan manjur.. saya jamin, ndak sampe 2 hari sariawan nya sembuh kalo anda benar ngusap nya..
    caranya, ambil garem, dengan rasa benci dan marah, usap usap kan pada bagian yang terkontaminasi (halah) dengan tangan, tapi ingat, tangan harus bersih dan higienis, sampai benar benar mulut terasa tebal, dan sariawan itu tidak terasa lagi.. nah, kalo benar benar anda mengusap nya dengan sangat tebal, Insya Allah, sariawan itu akan cepet sembuh.. :D

  79. sy jg sm sprti tmen2 yg laen. Sariawan dah jd ‘temen’ dan langganan saya, entah sdh brp lm sy jg dah lupa. Sx jg brkali2 jd objek prktek mhsiswa fkg d kmps ya, tp hslnya ttp aj g mmuaskan, smbuh sbntar dan akhrny dtg lg. Brbgai mcm obt sdh yg knsmsi mli dri obt medis smp obt trdsnal. Yg plg prah sktr 1 thn yg lalu ad 3 ttk sariawan brkmpl jd st dan brd d sdut bibir. Smua jnis obt sariawn dah d cb, bhkn smp 3 bln g smbh jg. Akhrny sy k drg utk prksa. Bkn rsep yg sy dpt mlh srat rjkan k dktr patologi utk biopsi. Dri dktr ptlgi sy d rjk lg k dktr spsialis bdh tmor… Sngkt crt sariawan sy tlh brubh mnjd pre cancer ulcer, dn dktr myrnkan utk mengangkt luka it. Tp org tua sy tdk stj akn hal it. Sngkt crt sy kmbli d bw brobt altrntf dan d bri ramuan yg ktnya rebusan benalu kopi. Sy hrs mghbskn 5 ltr rmuan it dlm 2 hr dan it brlgsng slm 1 bln. Alhamdulillah sy smbuh, dan smp skrg sy tdk prnh sariawan lg yg parah sprt wkt it. Oral hyginie adlh hal utm bg pr sariawaners..

    • @mas danu… sya saat ini sedang sariawan sdh sekitar 3 bulan. sya blum pernah periksa ke dokter hanya pake albotyl saja, sariawannya kadang sembuh tapi setelah itu pindah lagi ke tempat yang lain.
      mohon resepnya ‘gan! sya udah capek dengan penyakit ini :(

  80. tria friandani Reply to tria

    saya juga termsuk planggan sriawan. Pnybb utmanya yg srg trjadi adlah gra2 mkn jruk. Dri obt termrah smpai trmhl yg di apotk udh di coba tp gag ada hasil. Mlah smkn prah. Sriawan sgat menyiksa n mmbuat bibir doer. Jd bgung, apa sih obat yang sgt manjur n apa yg hrus dlakukan agar tdk trsrang sariawan??

  81. saya sering sekali sakit sariawan. bagi saya sariawan adalah penyakit yang sangat menyiksa. saya sering sekali sariawan setiap satu bulan bisa sampai 3 kali. yang bikin saya tersiksa setiap sariawan sembuhnya lama sekali bisa satu minggu lebih. buat teman – teman saya minta sarannya. terima kasih.

  82. sariawanku sekarang berumur satu bulan. prestasi terbaik selama ini untuk sariawan di mulutku.

  83. sama gw sudah kena sariawan 3 hari,sakit nya minta ampun,perih bgt…..ini sariawan terparah yang pernah gw alami….
    Gak tahan rasanya,ampe susah tidur,kalau mau tidur minum obat tidur dulu,….menyiksa bgt neh sariawan….
    Moga2 cepat sembuh….. :(

  84. Pake abotil emang langsung nyees bahkan langsung bisa makan tanpa sakit lagi tapi itu hanya bertahan 1 sd 2 jam saja setelah itu….
    Coba yang yg tradisional pake “daun katuk” cranya di ambil daunnya diremas dan airnya d kucurkan ke mulut!
    Semoga cpt smbuh!

  85. enie yan Reply to enie

    aku juga langganan sariawan loh! soale aku kalo makan buah tenggorokanku gatal (rik) gitu deh! aku juga bingung!!!aku pernah baca artikel tentang si ‘S’ itu, kalo sampe 2 bulan gak sembuh ada kemungkinan terinfeksi HIV kalo gak ya kanker mulut. tapi kalo seminggu sembuh itu mah sariawan yg wajar alias mines vit C.

  86. Kok semua pada repot………… makanya yang merasa muslim… buka Al-Quran….Obatnya adalah M A D U

  87. yant Adjah Reply to yant

    huft,emang ne penyakit nyeng atu ne,kayna sayang bgd ma awa.. hampir 2ming9u sx dy siLATurahmi k’mLut awa..Haduh kLo dy dh dteng,hmm cma bsa pasRah..cz dh malz ngobatin’a… tak mempan,dulu c tak pernh entah salah ap awa sampe bisa terjangkit sariawan.. ya Robbi jauhkan kami smua dri penyakit ne..

  88. yanti adjah Reply to yanti

    huft.. iy ne awa jga n9erasain ap yg xan rasain.. ya ampun teRkadng mikir knapa ne penyakit bettah bgd nempel dmuLut awa.. masa 2ming9u sx dy kga pernh absen nempel k’w.. mo ngobatin dh bosen bis’a dteng lgi,dteng lagi… ya robbi jauhkan lh penyakit ne dri kami smua… amien,

  89. waduh…. sariawan…!!! sekarang nih aku jg lgi sariawan…. dua biji di bibir bawah dalam. ampun mak perihnya kalo kena makanan, udah makan jeruk sebanyak banyaknya tapi tetep aja masih. pake abotil udah juga,tapi si bulat putih kecil itu masih bandel….sekarang tinggal sabar ajaaaaaaaaa tunggu sampai si sariawan bosen trus kabur dech……….

  90. obat sariawan yg manjur jambu klutuk atau jambu biji yg masak, umumnya kalo di desa2 anak2 yg biasanya suka mencari buah jambu klutuk yg tumbuh liar gk prnah terkena sariawan…

  91. Mr. sariawan…………….. :(
    pulang dari tahlilan pagi dah sekarat
    abotyl, madu, larutan penyegar dah dicb
    ga da reaksi
    sakitx minta ampun
    seminggu ga kerja :(
    obat yang paling mujarab tuk Mr. S…..??????
    d bagi resepnya biar g kena Mr. S lg
    mau makan g bisa, ngomong? mulut ja susah ke buka
    sakitttttt
    kepala nyut2, demam
    Mr. S cepatlah kau menjauh dari diriQ
    hik hik hik hik

  92. Ak jg sering sariawan,sebab mgkn mulut kta kotor..dua bulan berturut2 sariawan..smpe2..pusing ak..mau mkan susah,aplg ngomong

  93. aduh sakit bgt tw spe gg bsa k kantor rsany mls bgt pngn tdr truz !!! (^^^)

  94. klo kena sariawan coba dech olesi dgn madu, agak perih

  95. saya juga menderita sariawan, dari kecil sudah langganan (sariawan dan gowengen) apalagi waktu saya kelas 3 SD pernah disumpal mulut saya dengan kaktus oleh teman sepermainan saya. mulai sejak itu sariawan saya semakin menjadi. sampai detik ini umur saya 18 tahun saya masih menjadi pelanggan setia sariawan. biasanya kalo udah menyerah saya pake alternatif terakhir makan es krim yang stick . kalau bisa yang cokelat. dikompreskan ke bagian yang sariawan. tapi sekarang saya gag bisa dengan mudah mendapat es krim, maklum, terjebak di hutan kalimantan tengah :)

    • waktu kelas 3SD mulutnya pernah disumpal dengan KAKTUS???
      haduuuhh.. bullying detected nih..
      ya ampun serem banget..
      sampai sekarang masih sering sariawan pak??
      jangan2 jarum kaktusnya masih pada nancep di mulut??

  96. kl pengalaman saya sh,setelah makan apa saja kumur sampai bersih….y jangan lupa konsumsi buah buahan

  97. saya sangat rajin membersihkan mulut.. tapi tetep aja sering kena sariawan..

    penyebab utamanya adalah sikat gigi!!
    sikat gigi sering banget membuat mulut saya terluka..
    bukan cuma sariawan di lidah, bahkan sampai di bagian atas mulut dekat tenggorokan..
    (orang jarang mengalami seperti ini kayaknya)

    dan susahnya.. kalo sariawan di bagian atas dekat tenggorokan agak dalam itu susah banget diobatinnya.. kalo pake abothyl yang ada malah tertelan.. pernah saya teteskan abothyl ke jari telunjuk, lalu saya masukkan jari saya ke tenggorokan.. saya colok-colok sampe mau nangis!

    sakitnya tiada tara.. apakah ada solusi yang tidak menyiksa??

  98. aq kena sariawan nih,, awalnya sih kena gigit tpi itu msih kcil, eh gk tau knpa sariawan yg kecil itu kena gigit lgi..ukhh rasanya skit skali smpe klwar air mtaQ bru darahnya byak lgi…
    tman2 doakan aq ya biar aq cpat sembuh..!!
    thanks

  99. 1bln sdh sriawn tinggl d lidhku,abotil,ademsari,kaki3,cap badak dah aku minum bahkan vitc dosistingi gk ktngglan tp napa mereka betah skli d dmulutku…cape deh..

  100. Sariawan emng buat geram,aku tiap bulan pasti aja ada kena tdk bibir ya lidah.obat,vit c tak ngaruh malah klo cuaca pnas ato di ruangan ac sial perih rasanya.!

  101. andi baskhara Reply to andi

    mohon info temen2 yang punya nomer kontak untuk pembelian BORAKS GLISERIN 5% produksi PT PIM PHARMACEUTICAL, Pasuruan Jawa Timur Indonesia.

    Posisi saya di Banjarbaru Kalimantan Selatan, kami sudah menggunakan produk tersebut untuk mengobati penyakit sariawan untuk anak dan dewasa ternyata SANGAT MANJUR dan MURAH.

    • Terima kasih anda menggunakan product pt pim pharmaceutical. Untuk keperlu product kami. Anda dapat menghubungi distributor kami pt sinar rejo farma dgn email tersebut diatas, atau tel 031 7481129, 7498189. Terima kasih

  102. assalamu’alaykum semua, salam sejahtera. . .ikut gabung ya saya juga lagi sariawan nih dah hampir 2 minggu dgn lokasi berpindah-pindah(transmigran kalliii. . .) Rasanya gak bisa diungkap dgn kata2, maunya diem aja gak ngomong gak makan. Stresss rasanya,tapi begitu baca blog ini dan komentar2nya bikin hati terhibur malah bisa cengengesan sendiri sebab ternyata saya gak sendiri banyak temennya. Yah kita nikmatin aja, sabar, berusaha berobat, dan jgn lupa berdo’a untuk kesembuhan. . .

  103. baca kommennya lucu2..hehheehe
    saya sbenarnya juga sering kena penyakit imut ini,, kalo saya biasanya banyak minum air putih, n kumur pake obat kumur ajja..trus jangan terlalu dirasain( walopun sebnrnya kerasa periiih banget apalagi klo bwt ngmong or makan)…yaa sekalian muhasabah ajja..n sabaarrr khan bisa ngurangin dosa mulut kita,,hhhee

  104. Kalau menurut pengalaman saya sih, obat sariawan yang paling manjur adalah daun sirih atau bahasa sundanya “SEUREUH” caranya petik 2 lembar daun sirih yg masih segar, cuci hingga bersih, lalu dikunyah dan dibiarkan beberapa saat di mulut tepatnya dibagian yang ada luka sariawannya sampai terasa pedih, lalu muntahkan setelah itu kumurlah sampai bersih. Insya Allah sembuh.

  105. wah alhamdulillah nih, sariawan saya yg ada dilidah dah 3 hari ini menciut dari awalnya selebar kuku jempol orang dewasa sekarang tinggal sebesar kuku kelingking anak2, mudah2an sebentar lagi sembuh, Ya Allah semua berkat rahmatMu. . .o ya ikhtiarnya saya pake obat cina ho fong san.

  106. Saya lagi pasang behel, jadi sariawan seolah2 ngga pernah menjauh dari area mulut, hiks.. Selama ini saya olesin madu, lumayanlah, karena saya ngga tahan albothyl. Tapi proses penyembuhannya hampir sama dengan albothyl kok, meski masi perih2 nikmat giti, hihiih

  107. randu alas Reply to randu

    Wooww…ternyata banyak bgt temen yg sariawanan.saya lagi rebus suruh nih.2 hari sariawan sebesar jempol. 3hari lagi saya kasih kabar. Ni percobaan pertama saya

  108. saya sariawan tenggorokan, bikin pening kepala. udah diobatin pake larutan g sembuh? sobat apa obatnya..

  109. Hai semua mau tanya ni anak saya umur 7 thn udah 4 hr trkena sariawan ditenggorokan g bs mkn dan minum udah bw ke dokter tp g sembuh2,

  110. Sariawan memang sangat mengganggu sekali apabila sempat singgah dimulut kita. Beberapa kali saya terkena sariawan, alhamdulillah bisa segera sembuh setelah berikhtiar dengan mengkonsumsi pisang maulin sebanyak 3 sampai 5 buah sekali makan, sehari 3 kali makan. Pisang maulin adalah pisang berbentuk kecil seukuran kira2 diameter 2.5 cm sampai 3 cm dan panjang antara 10 cm sampai 12 cm. Biasanya saya konsumsi pisang maulin setelah sehari terkena sariawan, setelah satu ato dua hari kemudian maka sariawan akan angkat koper dan pergi meninggalkan mulut kita. Semoga bermanfa’at.

  111. Aduuh.. Perih bnget, aku ud 4 hari sariawan d ujung lidah, jadi belajar diet ni. Tersiksa banget g bs makan g bs ngomong. Padahal aku tukang mkan n kerja yg mengharuskan banyak bicara.. Kasian.. Segala obat dr tradisional sampek modern,tp sia sia.. Aduh…

  112. Ratih Dewiana Reply to Ratih

    Waduh lidah ku sariawan di beberapa tempat, juga diujung bibirku, hingga aku susah makan dan bicara. Berbagai macam obat mulai FG trochet yg dikunyah, kristal krisan yg diseduh sampai gliserin di tempat sariawan ku oleskan, tapi sakit sariawan ini tetap bertahan. Harus apalagi obat yg kuminum ya? Tersiksa bicara susah, makan g nikmat………………

  113. saya termasuk agak sering mengalami sariawan, akhir2 ini mlh di lidah, cri info ke om google, ada bbrp alternatif obtnya dr abolytil, garam, air daun sirih pek obat cina, semua dh aq cb, kcl yg obt cina, dr pengalaman sy sich dicb aja semua, klo ditelatenin lama2 jg sembuh.

  114. he..he… trnyata bnyak jg y yg snasib sperjuangan… sma q jg bosen bgt.. hoby kena sariawan.. ( ganti ke skali2 sariwengi.. boso jowo he..he..) biasa ny sh klo kbanyakan ngrokok langsung dh bnih2 si lingkaran kuning menyakitkan nongol… tpi klo rokok ny di stop sh ntar pada ilank..””

  115. emang….sariawan ntu bener2 nyebelin, menganggu aktivitas….bibir jontor bqin ga chantique….

  116. nie aq lg da sariawan d lidah,bntuknya bintik2 kcil merah d sktr lidah dpan n tngah.. d bagian blakang ru dlyt trnyta agak besar2..
    skt bgt mpe mkn gk bgtu berasa..
    tu sariawan bkn y?
    ru 3 hari ky gni..
    hufh. . .nyiksa beud. .

  117. nie Gue gi sAriAwan dA 3hari …Da beRmacam oBat Dah gUe mInum….tapi blum sembuh…bagaimana ya…mulut kulitnya pecah2 dan memerah……

  118. oo ternyata sariawan gak perlu obat ya…

  119. pagi mas, salam kenal for all by firoh

  120. Obat sariawan ada shi cuma reasi sebentar, sebenarnya kita sendiri yang berlu menjaga pola makan , sariawan itu karena kita gak jaga apa yang kita makan ? kalau gak mau sariawan hindari makanan yang pertama , makanan yang terlalau pedas ( cabe ), makanan yang berminyak, oreng gorengan. obatnya yang pasti adalah banyak makan buah – buahan .
    pasti gak akan sariawan lagi ….
    ok !

  121. hiiiii,,,,,duuuuhhhh senengnya,,,,alhamdulilah,,,ternyata aku ga sendiri mersakan betapa sakit n menderitanya terserang si kuman”””sariawan””,,,,,,jujur deeehhh,,,kayaknya sariawan sdh menjadi bagian dr hidupku,,,qeqeqeq,,,,

  122. arai silvex Reply to arai

    aduhhhhhhh,,,, mow mkn trsiksa gak mkn laper juga
    gimna nih………………………………………..?
    doain yah agar gue cpt cembuh…………………!

  123. minta teman-teman membantu dan memberi masukan mengenai obat sariawan karena saya sudah lama kena sariawan

  124. OBAT untuk semua yang sariawan2 cepat sembuh dengan KUMUR 2 air putihyang di bacakan alfatekah 3X . SEMOGA BERMANFAAT.

  125. rasanya sariawan emang penyakit keturunan, mulai engkong ampe gue, kena semua dah. :’(

  126. Sari awan …udah di kasih obat kumur ,adem sari ttep ajjh engga sembuh juga ,
    ada yang lebih manjur engga ..????

  127. klo pengalamanku sih, sariawan selain akibat panas dalem and kurangnya vitamin c, itu dikarenakan plak gigi yang kurang bersih yang mbuat bakteri yang ada di gigi, mbuat luka di mulut dan lidah makin membesar. klo mau mbersihin, coba aja sering pake siwak (kayu siwak yang asli) insya Allah emang Sunnah Rasul yang satu itu bisa membersihkan mulut dan mencegah sariawan, termasuk mempercepat penyembuhan dengan alami.
    cara pemakaian siwak, tanya aja ama yang dah biasa pakai, kan ada adab pemakaian siwak dan siwak seperti apa yang dah gak boleh dipakai.
    salam kenal dari saya. :)

  128. saya juga ada masalah dengan mulut.pada awalnya lapisan dalam sebelah kiri pipi saya sering tergigit klo saya makan makin bertahun tahun menjadi berlubang dan bengkak,,sudah 2 minggu saya ini ada bengkak di lapisan bawah pipi kiri dan itu rasanya sangat menyiksa sekali,,untuk itu saya minta saran kira2 pengobatan yg efektif apa yah,,terima kasi

  129. kalo aq kena sariawan kalo tidur udah jam 1 mlm ke ataz,
    sariawanq bisa sampe 1 or 2 minggu, pke vit.C or abothyl ga mempan,
    ya..sembuh sndrinya tapi aga lama seh..

  130. Kalman Kusnadi Reply to Kalman

    Salam kenal semua. Saya salah satu pecinta Sariawan. Sudah beberapa tahun ini hampir setiap bulan ( selama -+ seminggu ) penyakit ini menemani saya. Bahkan kadang2 bisa 2x dalam sebulan. Dan seringkali di sertai radang/sakit tenggorokan. Aduh perihnya….dan tersiksanya.
    Saya setuju dengan beberapa komentar dan saran dari rekan2 pecinta sariawan, diantara penyebab terjadinya sariawan :

    Asam lambung — Hal ini saya rasakan karena beberapa tahun belakangan ini saya memang terkena penyakit mag. Seiring datangnya penyakit mag ini, penyakit sariawan pun jadi semakin sering muncul.

    Kebersihan mulut — ini mungkin harus lebih di perhatikan, yah 2x seminggu pakai obat kumur.

    Saya juga mau coba saran dari aan , yaitu pakai sirih. Mudah2an sembuh. Kalo obat yang lain dah saya coba , ga mempan. Adem sari, enkasari, daun saga, getah jarak, albhotyl, air kelapa dll.

    note : Udah kangen nih makan sama oblok bebek yang pedes. Sekarang makan adem2 terus.

  131. rakka n raffa Reply to rakka

    duh gue jg sebel bnget nich….tiap blan jg lengganan sariawan,sgla obat jg udah aku coba…..obat apa ya yg manjur buat ak,tq……lam knal’

  132. Lagi mencoba hidup akrab dengan sariawan, hampir semua obat dan cara yg disebutin diatas sduah dicoba, hasilnya sama saja. Lebih dari separuh umur saya selalu diakarabi sama sariawan…..
    Jangan2 ini karena faktor genetika ya…. hanya almarhum Ayah saya yg tidak pernah mengalami sariawan.
    Sariawan…oh sariawan…… mengapa kau begitu mencintaiku, walau aku berusaha menolakmu…oohhh

  133. Wkt lagi sariawan aku sikat gigi dgn pepsodent herbal rutin dan minum jus mangga serta minum stmj coklat,biasanya karena daya thn tubuh dan kebersihan mulut kurang,alhamdulilah sd skrg aku rutin gosok gigi dgn pepsodent herbal dan tdk sariawan lg,mudah2n bisa membantu

  134. Hi lam kenal yach,,,
    buat teman2 seperjuangan yg mlwan sariawan!
    Aku jg lg kena sariawan nihh,,
    duh perihnya truuss besar2 bgt lg,aku udah 2 mnggu kena sariawan nggak sembuh2 pdhal udah mnum obat antibiotik,anti infeksi, kumur ama enkasari di taruh pake albotyl tp malah tmbah besar2..
    Yg paling parahx lg sariawanx di tenggorokan waduh nelan ludah aja sakitnya minta ampun!

    Aku juga suka langganan sariawan setahun aku bisa kena sariawan 2-3 kali
    gimana carax yahh biar sariawanx nggak balik2 lg????
    And obat apa yg bisa membuat sariawanku sembuh tp ngga perih!!

    Aku sich berharap ada obat yg cepat nyembuhin sariawan dan ngga kembali lg ke aku,,,
    udah ke dokter tp kta dokter aku kekurangan vit c .. Cmn kta2 itu yg ku dengar tiap kali ke dokter!
    Mau di bilang kekurangan vit c tp aku paling suka makan jeruk,,tp kenapa sariawan msh nongol2 aja yach!

  135. wah rasa sariawan enak skli ya mau makan sakit , g mkn lengket mltnya , mnm air putih jadi beser, pusing ni cara ngobatinnya ,bagi bagi resep yg manjur dong biar g tambah bonyok ni mulutnnya.,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,plisssssss dahhhhhhhhhhhhhhhhhh.

  136. iya ni aku juga lagi kedatangan sari dan awan nich, hemmm seluruh tubuh jadi greges, menurunkan kinerja :) yach tapi dinikmati dan disyukuri ajalah, ikhlas biar dapat pahala :) amin

  137. saya lagi sariawan nech , . sakit banget , .
    ak minum vit C , . yg kmren se bsa sembuh , . tpi yg ne mlh tambah gede sariawannya , .
    aduuu gmn y ngobatinnya , . dah 3 hari ne , .
    oh ya , sariawan tuh bsa sembuh dalam brapa hari se ???

  138. perih….. pusing… jengkel……. tapi bingung juga ngobatinnya, kata dokter kurang Vit. C tai justru kalo habis minum / makan buah sumber Vit. C malah jadi sariawan…. ???????????? sumpah bingung nih penyakit

  139. lg nyoba tak olesin garam spt saran2 diatas, wuih perihnya…..
    moga cepet selese sariawanku ni

  140. q crag sriawan …. prih ? dah hampir 2 hri lum sembuh…. sebelume ndk prnah? ckit n prih bgt?????
    mkan jdix MALES …. huh

  141. kalo sariawan gini,gak bisa ngomong,pa lg sariawanx di lidah. periiiiiiiih banget. :(

  142. Aduh iza nee sakit sariawan bikin qt semua stresssss, pusing gmn nyembuhinnya, aku juga lagi sariawan ne dah hampir lima bulan aq sariawan, setiap diobatin ke dokter minum obt sembuh tapi obt habis nonggol lagi tu sariawan, pe bosen aq sekarang…….. gmn dong solusinya??aq ngerasa sariawan q bermula dari stresq kemaren karena sakit hati, tapi sekarang aq dah mencoba untuk melupakan itu, tapi kq masih aja sariawan za?? sebenernya ada g see penyakit dalam yang gejalanya berupa sariawan? coz jujur q ngerasa takut dengan hal ini??

  143. Aku lagi di inepin ama si imut “S” alias sariawan,,, wadoh pedih bgt ampe kalo kesentuh air minumpun pedih.. n badan jadi mendadak lemess,,,, Udah diobatin apa aja g sembuh,,, dan akhirnya aku merenung deh,,,,,
    aku mau sharing neh…. kalo kena “S” kita jadi intropeksi apa aku jorok ttg kebersihan mulut atau omonganku ada yg menyakitkan org laen dll????. Dan akhirnya minta ampun sama YG punya kita dan memperbaiki pola hidup kita sambil nunggu periode “S” ngabur dari mulut kita.

  144. aku baru sembuh kemaren ,,,
    ada share dikit nie ilmu tentang sariawan…
    tapi agak ekstrim dikit kok,,,

    odol kalo bisa pepsodent dicampur sama garam ditambah cabe yang telah diulek tunggu sampai kering bentuk odolnya…

    nantinya akan mengering.

    tempelkan di daerah yang terkena infeksi seperti dada, lidah bagian ataas, dan bagian sensitif lainya yang terkena sariawan,,,

    awalnya 3 menit awal terasa perih ,,,
    perih gimana gitu alnya pakai odol membuat mix max
    ada rasa strabery dikarenakan ane pake odol rasa strabery, ada perih”nya
    membuat dunia itu makin indah,,,

    1 jam kemudian sariawan nya akan berangsur mengilang…
    dan selamat mebcoba…

    oh ya kalo bisa ditambah madu

    –selamat berjumpa didunia lain ya–

  145. bodoh banget komen yang diatas,,,

    mang ada odol rasa strawbery…
    yang ada rasa duren goblok,,

  146. sweet_sariawan Reply to sweet_sariawan

    sariawan..oh sariawan..bertahun2 hidup sama teman setia si sariawan yg nyebelin..kecil seehhh tapi klo nongol buayuaaakkk.. :(
    obat apapun g mempan smp strezzzzz..

  147. tips :untuk semua yg merasa kelebihan berat badan piara tu sariawan pastii cepat kurus,kan kalau sariawan qt males makan……………..

  148. Aq jg sriiiiinnggg bgt sariawan…ngeseellin bgt.mana segede2 gaban tu sariawan…
    Dtg tak d jmpt plg kgk d anter dahhh.wkwkwk

  149. saya berusia 27 tahun sejak usia 16 tahun berarti 11 tahun saya selalu sariawan setelah atau sebelum menstruasi :( katanya sih karena faktor hormonal….buktinya memang ketika saya hamil saya ga pernah sariawan hehehe..sekarang sariawan lagi hiks hiks

  150. kalo saya sudah hafal penyebab dari sariawan (mungkin berbeda pengalaman antara yang satu dengan yang lainnya)

    saya selalu sariawan setelahnya…bila makan jeruk (jenis tertentu / lokal) lebih dari 2 buah

    anehnya setiap makan jeruk import lebih dari 3x sehari pun nda’ papa…

    apa sebabnya…???

    1.apakah kandungan vitamin pada jeruk lokal melimpah (banyak)…sehingga menyebabkan kelebihan vitamin…?

    2.atau mungkin… jeruk lokal cocok (buat saya) untuk membuang kotoran2 dalam kulit mulut yang dikeluarkan lewat sariawan itu…??? atau sebaliknya

    ?????????

  151. wah ternyata banyak yang senasib.
    pemakaian albotil pada sariawan saya menyebabkan sariawan saya makin lebar, besar kayak sumur bor.
    terkadang juga berdarah pada saat sikat gigi.
    sekarang ini hanya memakai Xon-Ce dan madu, agak trauma nyoba albotil ato BORAKS GLISERIN soalnya takut makin membesar. kalo soal makan pedes n aseem saya masih tahan walau dalam keadaan sariawan. ada yang bilang kalo sariawan makin dimanja makin memjadi, jadi makan pedes, aseem, asin pun saya hajaaaar sajaaaa…..
    saran nya bagus2, apalagi yang nyaranin pake siwak. ntar mau nyoba, sapa tau sariawan gak bakalan dateng lagi.

  152. Kakak David Naruto Reply to Kakak

    wah kasusnya sama nih kaya aku, aku kena sariawan sejak usia 16 tahun sampai sekarang 27 tahun…menderita bangettt sakit, ngomong ga jelas,makan susah…dan takutnya bisa jadi penyebab penyakit yang lebih berbahaya loh..sedih..banget.. ternyata aku gak sendirian yah ada teman teman juga…ke dokter segala macam obat cina maupun barat dah kucoba…tapi hanya sembuh sebentar lalu ada lagi..hiks.. sampai sekitar setahun lalu aku cobain rapihin gigiku…minum redokson zinc dan vitamin c ternyata lumayan berkurang si berkurang sekitar 50% kalo sariawan ga sampe ngreges kayak dulu lagi…buah tu penting banget kawan redoxon lumayan juga…minum agak teraratur 3 bulan pasti sariawan berkurang..tapi jangan keseringan takut bahaya efek samping…air kacang hijau, fungsan konsumsi buah teratur setidaknya 50% berkurang..
    nah ini tinggal 50% nya lagi nih masi bingung.. kemarin ke dokter sepesialis mulut katanya dugaan sementara si jamur..banyak dokter yang bilang begitu…dokter umum ada 5 bilangnya kurang vit c, pikiran, strezz sama hehe… pernah ke dokter internist juga bilangnya begitu stress ada keinginan yang tidak tercapai atau sakit hati ma seseorang…mungkin bener juga..malah disuruh menikah hehe… percaya si… kemarin tes di lab karena sariawanku cuma bagian kiri saja ada kemungkinan dugaan imun yang ga bener hasilnya semingguan lagi baru keluar…
    oh ya satu lagi waktu itu aku disaranin ama dokter minum stimuno dan redoxon sering konsumsi jus tomat campur wortel lumayan banget 50% berkurang si… so bagi teman teman yang punya masalah seperti aku cobain deh aku dah mendingan nih…tapi yang rutin ya 3 bulan rasain deh bedanya…aku juga ingin share nih tentang sariawan, siapa tahu diantara kalian ada yg udah sembuh total…jangan sungkan sungkan add saja ymku chesssilent atau fbku chesssilent@yahoo.com or kirim email saja…kita saling tuker pendapat tentang penyakit ini …… kutunggu yah di ym : chesssilent
    atau email/facebook chesssilent@yahoo.com

  153. Kakak David Naruto Reply to Kakak

    oh ya satulagi kalo masalahnya jamur jangan lupa rajin gosok gigi sama pasta gigi yang cocok 1×3, makan jangan pedes dan yang banyak minyaknya, konsumsi buah, cincau, hindari es, minum kalau bisa air hangat, soalnya saya pribadi anti sekali dengan minyak goreng rasanya mulut ini langsung panas dan sariawan kalau kelupaan makan minyak goreng..maklum lah 11 tahun bergulat sama sariawan jadi harus jadi pendekar yang tangguh dong buat membasminya hehe…karena sariawan saya 2 minggu kena 1 minggu sembuh 1 minggu kena 2 minggu sembuh dari smu kuliah sampai sekarang…kalo kalian bagaimana? Jangan menyerah yah!! salam sehat buat semuanya..

  154. guru mahardika Reply to guru

    masa pncaroba mmbuat daya tubuh lemah…..perih pol pokoe sariawan,,,pola hidup dgn buah ja

  155. sya mnum enkasari sih,slain mnghilangkan sariawan jga mmbuat rsa skit pda sriawan hilang untuk smentara,jka mnum teratur bkal cpat hilang,abothyl jga ampuh sih tpi sya jrang mmakainya, , ,mmakan buah mmng lbih baik jga sih, , ,sperti jeruk jga buah yg mngandung vitamin c

  156. Den Asmoro Reply to Den

    sariawan adalah anugerah yg maha kuasa,karena klo lgi kena sariawan
    kita jadi bisa lebih hemat.misal hemat makan,hemat minum,dan hemat bicara
    So santai aja brow

  157. pke garam aj… emg sih awalnya perih… tp cepet sembuhnya :D

  158. Wah…sariawan…..lama2 jadi kebal neh sama sariawan.Kalu sekarang saya cuek aja dengan sariawan. Makan yang banyak meskipun sariawan menyerang 2 – 3 biji. Banyak minum air putih, jangan begadang, n makan sayuran. Btw Kalu minum air putihnya minimal 7 gelas sehari bisa cepat sembuh lho!!! BIkin Sariawan Fans Club yukkk!

  159. KI ELANG Reply to KI

    Ada yang bilang sariawan terjadi karena sering ciuman berganti ganti pasangan klu menurutku itu sariawan karena panas didalam tubuh kurang setabil / terlalu panas ( panas dalam di tambah kurang makan makannan sayuran & buah buahan strus kemungkinan ke 3 kondisi stres terus…he..he.he kira kira betul tdk

  160. Aku setujaaaa……. ma pendapatnya Goos, selain kekeurangan vit C ya karena faktor internal seperti stress dan kawan-kawannya juga. seperti saat ini aku sering sariawan klo lagi banyak pikiran. tapi klo lagi happy gak pernah tuh! dan susah sekali sembuhnya bisa sampai 2 minggu. Susah juga ngobatinnya sampe ke dokter di kasih obat masih aja tetep. sampai saat ini aku belom nemu obat sariawan yang cespleng…..

  161. COWO RASA JELY Reply to COWO

    kalo Menurut saya pake GAREM YG BERYODIUM…
    saya uda ber tahun” pake garem langsung ilang dalem waktu 1 menit…
    CARA PAKAI :
    GAREM Di taburkan saja ke sariawan nya tahan sampe keluar lendir” kuman sariawan abis itu buang semua ludah nya lalu kumur” biar gk asin…

    DI JAMIN SEMBUH…

    kalo gk SEMBUH Mungkin Garem anda Tidak beryodium atau palsu…

  162. wike puji astuti Reply to wike

    menurut saya klw kekurangan minum juga menyebabkan sariawan dan bibir pecah-pecah…….

    klw kita ga mau pecah-pecah bibirnya bannyak2 minum…..

  163. Rekor neh,,,percaya ato tidak aku sekarang lg sariawan,,dilidah ada 10,,pipi kanan 2,,pipi kiri 4,bawah lidah 1 pangkal lidah 2,,dr kuliah aku dah langganan sariawan,,tapi ini yg terparah ampe ga bisa ngomong,,skarang lg didokter spesialis..takut aja jd kanker mulut..tersiksa bgt..dah puluhan obat aku pake..tapi sia2

  164. adu,,,,gw lagi sariawan ni,,
    kemaren satu deket bawah lidah.trus ilang,,ganti di dipi kiri dalem,,gueedee bnget,
    biasanya pake bodrexin di tempelin kesariawan nya,,bbrp hri ilang,,tpi ini ud 1 minggu lebih gk ilng2,,
    jadi mesti gimana dung,,,
    gak enak ni jdi nya,,senyum ja susah..
    sakit banget,,,

  165. sariawan karna sakit hati……..

  166. Kalo lagi sariawan gini jd gampang emosi,males ngomong.
    Kl pake albothyl emg b2rapa jam aman tp awalnya dah kaya orang ditabok aja. Ampun dweh.

  167. huaaa sakit sariawan bikin bibir jadi bengkak udh kayak org monyong. aku mungkin banyak dosa ama teman2ku kbtulan aku lagi musuhan ama bestfriendku smog aku cpat baikan ama dia:’(

  168. sariawan itu ga ADA OBAT’Y BRO…. NRAT JG SEMBUH SENDIRI

  169. aslmkm, gw jg lg sariawan ni sakit bgt, ada krg stlh kumur betadine kumur, air sirih, dll. Intinya antibiotik alami obatnya insyaAllah, pake betadine biar cpt abis gak tahan lama2 sariawan 10biji.

  170. Sari Nomore Reply to Sari

    Saya kena sariawan. Biasanya kalo kena sariawan, diberi obat kumur saja cepat reda. Tapi kali ini saya kena sariawan cukup banyak, di bagian dalam lidah, di pinggir lidah, juga di dinding dalm mulut. Sampai akhirnya beli albotyl. Tapi ternyata, albotyl hanya meredakan bagian yang luka, besoknya luka yang lama belumlah sembuh, luka yang baru di sekitarnya malah muncul. samapai pusing karena sakit, susah makan, susah bicara.
    Trus, saya baca artikel untuk pake daun sirih merah yang direbus ditambah garam sedikit.
    Karena tidak punya sirih merah, saya pakai sirih biasa ditambah garam. Hasilnya rasa sakit berkurang.
    Belum tahu apakah cepat sembuh.

    Setahu saya, obat kumur ampuh untuk pencegah sariawan…., bukan pengobatan.

  171. hmmm….sejak ada si kecil aq yg dulunya udh rawan skrng malah lbh sering lagi kena sariawan.
    gara2nya sih kejedot kepala si kecil (umurnya br 11 bln) yg ga liat2 kalo mao ngejedotin kepala (lbh tepatnya kepala si kecil yg sering kejedot daerah sekitar mulut bundanya :) …mending lah drpd kejedot tembok)
    ato krn terlalu bersemangat, tangannya ga sengaja ‘ngegampar’ mulut bundanya…
    br mao sembuh….eh,kjedot lg…berdarah lg…makin lebar lg….hehe…
    apa lagi pas puasa gini…bener2 ga enak d mulut. rasanya males bgt buka mulut. alhasil, tiap d ajak ngomong ma temen kerja cuman bs manggut2 aja. yg awalnya emang udh pendiem…jadi makin dieeeem aja…haahaa…
    (padahal kerjaan nuntut qta banyak omong)
    soal obat jg ga kurang2. macem2 obat udh dicoba. lama2 malah jd kebal.
    akhirnya skrg mah pasrah ajah…
    makan yg banyak, istirahat cukup, hindari stress, n banyak berdoa aja… :)

  172. Leni Herlina Reply to Leni

    Salam kenal,aku pikir cuma aqu yg sering sariawan ! Sariawan nih berbulan bulan ga pernah mau sembuh,sembuh 1 nongol 2,2 sembuh nongol 6 pusinggggg yaa sbr2′n aja dah ama penyakit yg 1 ini.

  173. wuihh thx u tmn dah share tentang sariawan… aku baru pertama nee sariawan pe air liur jd lebih bgt pe batal puasaku…. bnr2 ganggu aktifitas bgt…

  174. aku jg sring bgt frens,,emng tu nyakitin bgt tp albothil emg solusi yg tepat ,klo kenalog bahaya bisa bkin sobek

  175. Kakak David Naruto Reply to Kakak

    Eh teman-teman, di fb sudah ada sariawanfansclub tuh add yah supaya gak ketingalan….

  176. Gw sieh udh sering ngalamin yg namanya sariawan…
    Sampe org rumah bingung ma gw, srg bgt sariawan
    Apapun obatnyya ttp aja ga mempan…
    Di bilang kurang vit c kyknya ga, krn gw jg suntik vit C tiap bulan..
    Buah n sayuran pdhal complete d rumah
    Pusing gw emank gw kekurangan vit apa lg ya …hehe

    ada ga obat yg ampuh ???

  177. Dhen Juan Reply to Dhen

    Salam kenal…
    Saya juga termasuk mahluk kesayangan nona Sari ini, meskipun tidak terlalu sering beliau menjengukku. Nona sari ini paling sering nongol di ujung lidah atau di sudut bibir sebelah dalam. Pengalaman saya sih, biasanya saya tempelin garam dapur pas di luka sariawannya itu, perih-perih gimana gitu rasanya. Tahan-tahanin aja, lumayan cepet juga sembuhnya. Cuma kalo pas lagi nggak sabaran, kadang saya ngaca, tu di lidah suka ada benjolan putih kecil dan perih, saya cabut aja itu benjol, langsung sembuh. Kalo di bibir, putih-putih itu saya kelupas aja, berdarah sih, cm memang lsg sembuh. Sekarang ini lg kena di ujung lidah, tapi si putih nggak muncul jd blm bisa tak cabut…

  178. salam..
    anda sariawann??
    silahkan minum yang banyakk…
    dan jangan lupa banyak baca qur’an… setelah itu berdoa pada Allah,. minta kesembuhan… InsyaAllah akan segera sembuh..
    good luck..
    salam
    anto

  179. 4 hari lalu aku kena sariawan, males bgt ngobatin ampe bner2 kesiksa, br deh aku kasih obat cina ijo yg bubuk itu, perih abis tp skrng udah mayan kering sariawanya. besok mungkin dah sembuh.

  180. Lg sariawan nih,dipangkal lidah bentol2 banyak huhu
    Dokter blg efek hormonal krn dtg bulan.. Tp perasaan emang kmrn2 kecapekan,makan jeruk impor asem bgt,sama minum panadol kebanyakan (panadol yg dimasukin ke air,kayak redoxon).. Smoga cepet sembuh smuanya yaa

  181. kalo aku sih mnum jus tomat..alhmdllah dlam 2 hari uda sembuh :-)

  182. Aq jg sering kena sariawan, udh diobati sembuh tp ntar tumbh lg. Kadang lama g muncul. klo udah mcul terus2-an. Udah paki Albotil, tp emang perih banget. Dpt resep obt oles/salep jg tuk smntara aja, trus perih lagi. Sekali waktu aku kedokter trus bnyak brtanya mslah srawan ini. Ktanya slh satu penyebabnya adlh gangguan pencernaan, trus dikasih obat mag. Alhamdulillah g lm lgi sariawanku sembuh. Pd hal biasanya lm banget sembuhx. Sekarang klo kena sariawan aq langsung beli obat mag, kan g teralu mhal, tp cpt sembuh. Tksh dokter yg bijak. Silahkan mencoba brkli cocok jg tuk anda. Selamat melawan sariawan . . . .

  183. alhamdulillah yach..aku sebenere jaraaang banget sariawan..kecuali klo pas gak sengaja kesodok sikat gigi..itu jg cepet sembuh sendiri..tp ni dah 3hr..sariawan muncul di lidah & jumlahnya lumayan bnyak.bentuknya jg bintil2 kecil2.baru kali ini ketemu sm sariawan model ginian :( ni lg aku telatenin pakai borax glicerin10%.agak mendingan sih.meskipun bintil2ny masih ada,,tp rasanya dah gak perih2 banget..sebelum sariawan ini muncul aku sempat panas 2hr.buat nelen jg sakit.ternyata di langit2 blkg sama dinding tenggorokan ada sariawan gede2.aku periksain ke dokter.dikasih obat trs sembuh..bs buat nelen & sariawan didaerah situ hilang sekejap(dlm 2hr).tp kmudian yg dilidah ini muncul…hiks..hiks. tp gpp sobat.(terutama yg lg pd kena sariawan) yg pntg kita sabar+telaten ngobati insya Allah sembuh.. ni aku jg kena mungkin krn pengaruh cuaca yg lg gak bersahabat. jd daya tahan lg nge drop

  184. kalau kena sariawan banyak2 lah berdoa karna mungkin itu penyakit yg bisa membuat anda menderita , susah makan dan bicara , trik2 untuk menyembuhkan sariawan .
    1. Berdoa
    2.Bersedekah
    3.berzikir
    selamat mencoba

  185. Assalamu’alaikum,
    Maaf sblmnya panjang ceritanya tp semoga bmanfaat & hati2 thdp sariawan..
    Wah ternyata yg langganan sariawan banyak juga ya, termasuk saya & saya menyepelekan artinya tdk periksa k dokter hanya pake albothyl, obat kumur & obat2 biasa..mgk krn saya kurang konsumsi sayur & buah..selain d t4 yg lain ada 1 sariawan d lidah samping kiri itu langganan bgt kl mau dtg bln pasti dia nongol stlh saya pikir2 dia itu sll bgesekan dg gigi graham, usia sy saat ini 34 th jd sariawan d lidah sjk gigi bungsu numbuh sktr usia 22th, saya merit 7 th blm punya momongan & alhmdlh des 2010 saya d beri keajaiban hamil..4 bln saya muntah2 terus & sakit d lidah susah d kontrol saat muntah2 jd spt d silet2 & b + sakit saat hamil 8 bln susah makan saking sktnya akhirnya sy k dokter saya d sarankan ol dr.spbm utk ke RS. Penyakit mulut di rscm, d sana saya d rujuk lg utk k bedah onkologi & saya d fonis kanker lidah stadium 2b mo ke 3…Astaghfirullah..hrs d operasi dg potong lidah msg2 1/2 cm dr depan samping & belakang..subhanallah..Allah telah menguji kesabaran saya dlm menanti buah hati saat d beri Allah mberi ujian penyakit saat hamil 8 bln makanpun hrs d blender..skrg Alhmdlh anak saya sdh 2 bln sehat wal’afiat & saya tdk pilih operasi tp minum obat herbal sdh 1 bln ini..
    Maaf panjang bgt ya..semoga yg langganan sariawan agar berhati2 dokter mengatakan sampaikan kpd yg lain jk sariawan > 2 mggu hrs sgr konsultasikan k dktr tp jgn salah dokter…

  186. saya sedang sariawan gara gara makan obat flu yang tidak cocok pada tubuh 1 sari berikutnya psti sariawan gak tau obatnya nanti 5 hari sembuh sendiri .bila makan obat lain pasti sariawan minuman kemasan juga gak mempan.

  187. sariawan adalah pembengkakan pada mukosa mulut yang di sebabkan oleh siklus haid,stres,alergi makanan,kebanyakan konsumsi antibiotik atau asam,kebanyakan konsumsi makanan bervetsin.
    cara mengobati sariawan yaitu :
    1. berkumur dengan air hangat di campur garam
    2.konsumsi yogurt
    3.dengan obat tradisiional seperti madu,jamu,jus plum,tea tree oil,dll
    kalau obat-obat bahan kimia harap di gunakan sesuai anjuran karena mempunyai efek samping seperti boraks gliserin

  188. saya sering banget sakit sariawan lebih dari satu bayangkan setiap bulan hampir saya sakit ini tidak pernah absen ni penyakit, saya bingung sudah banyak obat saya minum tapi yang ada tambah . Rasanya gak enak bgt pengen nangis tapi kalo makan pedas lebih mendingan tpi tetap sajaa nambah yang punya solusi kasih tau ya trimakasih;)

  189. sariawan bikin gua gila..
    kaga bisa tawa, ngomong ..
    obatnya adalah makan pedes terus pake buah jeruk ..
    buah jeruk itru ditempelin biar sakit tapi manjur bok..

  190. buat yang sering sariawan. gw ga jamin cara ini 100% ampuh.
    tp gw udah coba sekitar 1 bulan dah mendingan. dulu gw sering sariawan
    tiap hilang pasti muncul lagi. kadang 2-5 besar2 pula.
    coba beli vit C seperti esterC ato apa la. 1 hari cukup minum 1 saja
    trus beli obat kumur listerin rasa mint, tiap malam sebelum tidur gosok gigi
    dan kemudian kumur dengan listerin sesuai dengan petunjuk.
    kurangin makanan pedas dan berminyak.dan jangan lupa banyak berdoa ke Tuhan YME
    semoga bermanfaat, dan klo berhasil tolong disebarkan ke yang lain juga. tq

  191. mahansar m Reply to mahansar

    sariawan merupakan penyakit yang mengganggu keseharian kita terutama pada bagian mulut dan tidak perlu gunakan obat-obat kimia cukup dengan therapi herbal daun jarak dan getahnya pada bgn luka dan buah-buahan segar

  192. joni pati Reply to joni

    alamdulllah..blog ini kayakrumkit sariawan aja..tapi nyenengin.banyak ngehibur.saya penderita saiawan lanan.udah 10 hrian ini.aduh..mungkin banyak doa mulut.almdulilh kata nabi akan dikuangi ato dihylangkdoa doa..amiin..tentangobadah apke mae macetapi gak knjunsaikata temanghindai makagorrngan,minyk,peas,asin,anas…tapi anti g yg serba rebusan:timun,labu,abysinach..daniklaska sa..h allah yg bikinkita bgeini dan hikman i dosa terhapus dan kita jadi mawas diri.ya alg asghfillah…mdulillah..ka allh :aku sukabpdhabakygji sakit menyebunamaku,jadi sering srng deh gwe kasih si…he heini terjemahn bbas bro nsi. malum we sd d boota…bahasanya kbc…mer introspeksi…

  193. Kalau pengalamanku, sariawan akan muncul kalau kita kecapaian dan kurang minum. Kecapain yg dimaksud adalah kecapaian yg disebabkan bukan karena olahraga. Maka hiduplah teratur, makan teratur, minum teratur, berolahragalah teratur yg mengeluarkan keringat. Salam.

  194. opik taufik Reply to opik

    hehehe kalo baca komen diatas gue jadi merasa punya temen senasib sepenanggungan.Mulai dari yang kimia ( antibiotik kelas murah sampe kelas mahal ) udah dicoba, kumur- kumur rebusan daun sirih udah, pake madu udah pake macem – macem deh udah bahkan dari produk MLM pun sudah ludes di cobain. ramuan dan obat cina instan dan yang pake acara rebus sendiri udah. tapi hasilnya masih tetep saja muncul sariawan ini. munculnya pun gak nanggung mulai dari sekitar bibir, gusi, sekitar lidah dan juga langit langit tenggorokan sukses sariawan ku bercokol. itupun bukan satu-dua, tapi malah lima enam tujuh delapan…siapa rajin sariawan ….hehehe nasiiib. tapi tempo hari gue pernah ngonsumsi produk MLM yang punya judul Clorophyl berbentuk cairan. itupun di kasih nyokap waktu mudik ke Bandung. alhasil setelah rutin di minum tuh cairan ijo, selama 2 bulanan mulut bebas dari sariawan. yang ada malah napsu makan bertambah. tapi setelah clorophylnya abis bis…sariawannya kumat lagi….malah tambah parah…nyari cloro di daerah ku rasanya susah dapetnya..cos tuh barang juga produk MLM. sekarang nih juga lagi sariawan parah tingkat tinggi sampe susah nelen. salam sariawan,,hehe

  195. uut poetra Reply to uut

    ksh obt sariawan yang paling jitu dunnk, perasaan ga ad obt yang mnjur,,

  196. aduh sakiiiit,,,,,
    tooolooooongg dong apa sih obat nya,
    habis hisap vitamin c
    kok tambah parah ya,
    pakai abotyl udah,
    kumur2 daun sirih udah,
    minum enkasari juga ,
    pengin di garuk aja nih rasanya lidah,,grrrr,ggggrrrrr,,,,,,,,,,,,,,,,

  197. Penyebab sariawan tak lain hanyalah makan dan minum yang tidak teratur…kecuali tergigit atau kecelakaan…

  198. Penyebab sariawan adalah tidak lancarnya BAB (Buang Air Besar) yg menyebabkan usus besar (colon) menjadi kotor.
    Cara menyembuhkan sariawan sekaligus memperbaiki kesehatan secara terpadu:
    1. bersihkan colon dengan mengkonsumsi berserat tinggi sayuran, buah2an, ditambah herbal2 pilihan, kalau kami bisa pake kopi radix atau paket (HTA, Spirulina, Pelawas).
    2. untuk luka sariawan bisa dengan dioleskan VCO (Virgin Coconut Oil) secara rutin.
    3. jangan lupa terus berdo’a agar diberikan kesembuhan.

  199. Sariawannnnnn….sakitttt….gak bs ngomong, tpi msIh bs ngebathin utk biL sakit ;((

  200. cara menyembuhka sariawan :
    1. meminta maaf kepada orang 2 , teman ataw pasangan ataw anak yang sering merasa sakit hati terhadap ucapan atau karena lidah kita yang tak bertulang.
    2. bertobatlah kepada Allah dan tak pernah mengulangi kembali….
    3. mencaga kesehatan mulut.
    4. makan makanan yang mengandung Vit c

  201. Uuuh AMPUN AMPUN dg SARIAWaNku…sembuh gk lama nongol lg.uuuh perihnya bukan main.
    Sampe2 pernah sy lg tahap penggemukan badan, udah naik 2 kilo pas sariawan hilang semua tuh berat badanku 2 kilo. :’(
    Memang sih sy jg jarang pup.ada yg tau gk solusi pup lancar tiap hari

  202. sekedar sharing aj ni y,, sya jga berlangganan sariawan dlu hehehe,,,,
    coba agan ganti pasta giginya secara berkala, jangan satu merek terus,,soalnya pengalaman sya dengan ganti pasta gigi sariawan agak berkurang.
    Thanks

  203. Berdasarkan pengalaman saya sendiri, obat sariawan yang sangat murah meriah dan memberikan efek yang sangat cepat dan terbukti manjur adalah Air Kelapa, lebih baik lagi Air Kelapa Hijau. Air kelapa mengandung berbagai vitamin, dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Juga sangat dianjurkan banyak minum air putih agar selaput lendir ronga mulut tidak kering dan mengurangi rasa nyeri serta mempercepat proses.

    Jika ada yang kena sariawan, silakan dicoba dengan air kelapa. Selain memberikan efek mempercepat penyembuhan (kuratif) sariawan, juga dapat digunakan untuk pencegahan (preventif) selain itu juga dapat menyehatkan, dan menyegarkan badan. Tapi jangan keseringan, apa pun kalau kelewat bisa berefek negatif lho.

  204. Sumpah deh skit bnget…., sariawan ini tlh mnyiksaku, perut lper tp mulutku tak mau kompromi, smua udh d cba buat nyembuhin ttp aja dia g’ ilang, apa prlu d olesin gram aja ya,, apa nnti sariwanx g’ tmbh lbar?????????

  205. kalau pengalaman ku sih tentang sariawan, aku makan nasi pake mentega saja lama-lama
    tuh sariawan jadi lemes dan jadi sembuh…

  206. Ampun dah g kuat…sariawan sariawan tulung,tulung,tulung……

  207. tiap bulan sekali tuh,,,

  208. Azis Gates Reply to Azis

    salah satu penyebab sariawan tuh karena minum air dingin yaa??? temen sy kok yg ska minum air dngin tyap hari suka g pada barusuh (sariawan dlm bhs sunda)… sy mnk maniak air dngin aplg kalo es teh…. tp skrg gi g nyman mnum yg gtuan, mnum air putih aja sqt, mkan pun cm bs mkan bbur tu jg tanpa dikunyah… ripuh euy… ripuh….

  209. aslkm..saya dri kcl udh srg sariawan…keturunan x,,dr nenek n bokap mang srg sariawan…skrg ge sariawan 3 biji,,gede,,,duh,perih bngt,,dh nyoba kumur2 n dksh albothyl+mkn jeruk tiap hari…tp blm smbh jg..skrg cm bs brharap cpt smbuh aja,amiiiiiin

    • salah satu tips menghindari sariawan: 1.waktu makan hrs teratur 2.istrahat yg cukup 3.hindari begadang jauh malam 4.hindari mknan panas 5.B4 sleep gosok gigi dan kumur air hangat dicampur garam dikit 6.dan hindari stress berkelanjutan . Selamat mencoba moga ada manfaatnya

  210. leni herlina Reply to leni

    Sariwan ku adalah penderitaan tiada ahirrrrr…………

  211. pakai akar rumput alang2 [sunda = eurih ] direbus pakai air 3 gelas [sampai mendidih] 1 hari 2-3 kali [minumnya klo udah dingin yaa]

  212. kenapa ya stiap org mengalami sariawan,pda saat kita mengalami sariawan rasanya nyeri skle,rasanya it2
    sakittttttttt skali.

  213. klau di lidah haduh….., apalagi di pinggir lidah, gimana yaaa…panaaas..

  214. sigit setyabudi Reply to sigit

    Sariawan??? kumur2 aja pake air rebusan daun sirih merah, Insya Allah cepet sembuh. Caranya rebus 7 lembar daun sirih merah yang sudah tua dalam 1 liter air sampai mendidih. Beri 1/2 sendok makan garam dan aduk sampai larut. Biarkan air menjadi dingin. Pakai kumur2 tiap kali bagian yang kena sariawan terasa sakit. Biasanya setelah kumur2 sakit akan segera berkurang dan tak terasa kaku lagi. Pengalaman saya, sariawan yang udah parahpun dalam 2-3 hari akan sembuh.

  215. Kenapa ya? Saya sering bener sariawan, padahal udah sering mkn Buah Jeruk sampe badan Aq Kurus karena gak sembuh-sembuh

  216. Saya sngat langgann bngeet sariawan hampir sminggu sx sya kena sariawan .. Udh brbagai obt sya coba v ttep za skit n’ perih ny lama bnger .. Sya mnta coment ny dunx up obat yg manjur buat sariawan ??

  217. ni dah seminggu sariawan lum sembuh sakitnya meski dah banyak cara dicoba, saya emang sering banget kena sariawan……mungkin harus diam dulu ngurangi bicara biar cepet sembuh dan mengurangi dosa.

  218. Sakit bgt dgn sariawan,,,,rasanya kangen hari2 bebas sariawan…sudah ke dokter,udah cara alami,,,entah harus gimana lagii

  219. sariwan3 parah…gmn bos resepe?

  220. sariawan menyiksa qu

  221. makasih gan solusinya,aq coba mudah2an sembuh…nyiksa bnget nich

  222. Pengalamanku sariawan kalo didiamkan jadi tambah lebar.
    Paling ampuh diolesi cairan abothyl. Langsung sembuh saat itu jg, tapi saat diolesi itu sakkiiiiiiittt buanget.

    Tinggal pilih deh, tahan sakit sebentar tp langsung sembuh, atau kumur2 pakai larutan antiseptik mulut tapi lamaaaa sembuhnya.

  223. Sy sering sariawan
    sy jg sering makan sambel
    Mksd cabe itu vit c …..itu dmkn gmn y

  224. sriawan bener bener nyiksa banget , seluruh badan jadi panas , pegel pegel , kaya orang kelantihhhhhhh … ga bisa makan gara gara sariawan niiiii…allahh

  225. ya Allah mang bener menyiksa klo sariawan,pdahal q jarang bnget makan yg pedes ato asam bahkan yg berminyak,,tp sariawan tetep sering menghampiriku,,,,sakitttttt

  226. ADUH SAKIT BANGETTT

  227. Kalo sariawan saya termasuk rutin rata2 2 bulan sekali tkena, tapi yang sekarang paling parah saking sakitnya sampe susah tidur susah makan, minum nelen ludah aja dah sakit bangaet terasa sampe telinga linu. Sariawan di lidah putih di gusi luar dan dalam bengkak merah di tenggorokan kayak ada luka. Sudah berobat ke 2 dokter masih belum ada perubahan. PLISS, ada yang tau gak obatnya ? Makasih

  228. nangis tenan aq sariawan lbh dari 3 biji 5 hri lbh hoaaaaa…hoaaaa…

  229. emang sich sariawan bakalan sembuh sendiri dalam seminggu tapi usahakan hindari makanan yang berminyak karena kalo nggak, justru bakal muncul sariawan yang baru lagi,,bayangkan aja, 1 sariawan aja sakitnya minta mampus!! untuk mempercepat proses penyembuhannya aku sich biasanya pake obat china namanya kalo ga salah “HAU FHUNG SHAN” ampuh tuch…tu obat juga bisa ngurangin rasa perih sariawan, rasanya adem2 gimanaaa gitu…Hopefully, my suggestion would be worthy for those who need it!! GET WELL SOON!! ;)

  230. anak mak cakep Reply to anak

    aku sariawan bukan krn krng vit c,tp gara2 kejentur dumbells bibirku jd luka,ujung2nya jd sariawan mana lebar lg..huhuhu,sakitnya mnt ampun,aplgi klo bngun tidur,n pas gosok gigi,huhuhu..nangis aku!obat apa yg cpt sih tmn2..tell me!tq

  231. aduuuhhh sariiwan quu 3 biji d bibi m di lidahh
    lebarr lageh sakiit,a ampe gg bisa makan dan ketawa..
    obatnya apha ya bar seriwan saya sepat sembuh

  232. Aduh sariawanku gatal & sakiiiittt

  233. Tapi untungnya udh pake air panas dikasih Garam & obat kumur minoseph

Leave a Reply