a personal blog from Fadli Wilihandarwo

Master of English : Pintar Bahasa Inggris dalam 8 Bulan

Bagi sebagian orang (lebih khusus lagi bagi para pelajar), Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang ditakuti. Entah kenapa. Mungkin saja kebanyakan dari kita enggan untuk keluar dari zona nyaman. Ya, kita sudah terlalu nyaman dengan kondisi lingkungan yang ada disekitar kita. Termasuk dalam hal ini adalah bahasanya.

Aku ingat ketika dulu masih SMA, begitu banyak teman-temanku yang memilih untuk takut lebih dulu mempelajari bahasa Inggris dibandingkan mengatasi ketakutan itu. Mereka merasa bahasa Inggris adalah monster yang menakutkan. Karena itu, memilih diam adalah jalan yang terbaik menurut mereka.

Alasan lain yang membuat bahasa Inggris menjadi momok adalah cara mengajar bahasa Inggris di sekolah yang kurang efektif. Kebanyakan biasanya para guru-guru bahasa Inggris mengajarkan tenses dan grammar lebih dulu kepada para siswa, sebelum siswa itu menyukai bahasa Inggris dulu.

Sebenarnya ini bukan kesalahan guru 100% deh. Soalnya kan guru hanya menjalankan kurikulum yang katanya menjadi panduan kita jika ingin sukses di masa depan. Karena itu, kita sebagai siswalah yang harus lebih kreatif agar suasana belajar Bahasa Inggris ini bisa lebih kondusif bagi kita. Bagaimana caranya ?

Buang Jauh-Jauh Tenses dan Grammar

Agak ironis memang. Tapi itulah yang harus kamu lakukan pertama. Ciptakan dulu rasa suka pada Bahasa Inggris. Buatlah cara belajar bahasa Inggris kita seperti saat kita belajar bahasa Indonesia sewaktu kita kecil dulu.

Apakah waktu kecil kita memikirkan tata bahasa ? Misalnya kalau mau minta susu, masa’ kita ngucapin kayak gini “Ibu, bolehkah saya meminta susu untuk saya minum ? Saya sedang haus” Hahaha lucu kan kedengarannya.

Nah, sama aja dengan mempelajari bahasa Inggris. Tata bahasa yang baik itu emang perlu, tapi kalau kita belajar bahasa Inggris langsung dengan tata bahasa yang teratur dan baik, akan sama kedengarannya dengan anak kecil yang meminta susu tadi.

Jadi pokoknya kita asal ngomong aja. Tapi ga asal-asal banget. Yang penting orang ngerti apa yang kita sampaikan itu udah cukup kok. Di negara asalnya pun, banyak orang-orang yang berbicara tanpa grammar (tata bahasa) yang bener kok. Jadi ga perlu takut apalagi minder dengan nilai tata bahasa kamu yang jelek. Pede aja lagi.

Banyakin Kosa Kata dengan Kartu-Kartu

Nah, kalau ga musingin tenses dan grammar, apa yang sebaiknya kita pelajari dulu ?

Kosa kata (vocabulary). Ini yang paling penting. Karena bagaimanapun pintarnya kita tenses dan grammar, kalau kosa kata kita kurang, ya tetep ga akan bisa ngomong juga. Sebaliknya kalau kosa kata bahasa Inggris kita banyak, walaupun tata bahasa kita ancur, kita tetep bisa ngomong dan orang yang kita ajak ngomong itu akan ngerti.

Tantangannya sekarang adalah, bagaimana cara kita menghapal kata-kata bahasa Inggris yang jumlahnya jutaan atau milyaran itu ya ? Oh ya, asal kamu tahu, sebenarnya dalam 80% pembicaraan menggunakan bahasa Inggris, kita hanya menggunakan lebih kurang 1200 kata aja. Itu kata-kata yang umum dipakai.

Jadi kalau kita bisa menghapalkan 1200 kata itu, Insya Allah kita akan bisa berbicara menggunakan bahasa Inggris. Percaya deh. Nah gimana menyiasati agar kita semakin mudah menghapalnya ? Ini dia tipsnya, menggunakan kartu-kartu.

Pertama potonglah kertas (boleh HVS, kuarto, atau karton) seukuran KTP atau kartu nama. Nah tuliskanlah dibagian depan itu kata bahasa inggris yang belum bisa kamu hapal. Nah dibawah kata itu tuliskan juga contoh katanya dalam sebuah kalimat bahasa Inggris.

Kemudian di belakang kartu itu, tulislah artinya dalam bahasa Indonesia (atau bahasa jawa juga bisa, kalau kamu lebih fasih bahasa jawa dibandingkan bahasa Indonesia :) ). Trus dibawahnya tulis juga arti dari kalimat bahasa Inggris yang kamu tulis di depan kartu itu.

Susah nulis kalimatnya ? Gampang kok, cari aja di kamus. Biasanya kamus yang bagus juga langsung menyebutkan penggunaan kata tersebut dalam contoh kalimat. Mungkin kamus itu agak sedikit mahal dibandingkan kamus yang tulisannya “100 Milyar kata Bahasa Inggris – Lengkap !”, tapi investasi kamu ga akan percuma kok. Lebih baik beli 2 kamus sekaligus. Inggris – Indonesia dan Indonesia – Inggris.

Udah jadi ? Cukup 5 kartu aja kok perhari. Ga usah banyak-banyak dulu. Kalau kamu bisa ngapal 5 kata aja perhari, trus sebulan kamu bisa hapal 150 kata kan ? Nah dalam 8 bulan kamu udah bisa menghapal 1200 kata. Mudah kan ?

Memang membuat kartu-kartu ini sangat mudah, tapi konsistensi adalah hal yang paling sulit. Karena itu kamu harus menekankan di diri kamu kalau kamu ingin sungguh-sungguh belajar Bahasa Inggris. Insya Allah langkah kamu akan dimudahkan kok.

Banyakin Baca Blog Berbahasa Inggris

Karena saya blogger dan pembaca blog ini juga rata-rata adalah blogger, maka saya menganjurkan agar kalian banyak membaca blog-blog berbahasa inggris. Dulu ketika awal saya membuat blog ini, waktu saya banyak tersita untuk membaca sebuah blog dari Australia yang dikelola oleh Darren Rowse dengan Pro Blogger.net nya.

Awalnya sih sempat bingung juga karena semua artikelnya menggunakan bahasa Inggris (ya iyalah, masa’ bahasa Jawa ? hehehe). Tapi aku coba aja paksa membacanya. Eh, ternyata aku bisa ngerti kok. Walaupun ada beberapa kata yang ga aku ngerti artinya. Tapi inti dari artikel itu bisa aku ngerti dengan baik.

Nah, lama-lama kata yang sebelumnya ga kutahu tadi jadi begitu familiar denganku, dan langsung bisa ngapal di luar kepala, beserta penggunaan katanya dalam kalimat. Jadi, yang terpenting adalah kamu bisa mengerti maksud dari artikel itu. Bukan ngerti kata per kata.

Biasanya bahasa blog itu lebih mudah dimengerti dibandingkan bila kita membaca artikel bahasa Inggris dalam sebuah majalah, buku ataupun koran. Karena dalam majalah, buku ataupun koran itu, menggunakan bahasa Inggris yang kaku. Ga seperti blog yang menggunakan cara penyampaian seperti orang berbicara.

Nih aku kasih daftar blog yang bagus kamu baca untuk ningkatin kemampuan kamu berbahasa Inggris :

Ya, semua blog itu adaah tentang blog. Jadi kalian sekaligus bisa belajar berbagai hal tentang blog. Sekali mendayung dua tiga pulau eh dua tiga blog terlampaui kan ?

Jadi belajar bahasa Inggris ga sulit lagi kan ? Oh ya, kalau kalian punya saran dan tips tamabahan bisa diisi di komentar.

Fadli Wilihandarwo

Medical Student, Entrepreneur, Blogger, Graphic & Web Designer

156 Comments

  1. bahasa inggris emang kudu kita ngerti saat era globalisasi datang spt skrg..

    salam kenal.

  2. pengenny sih bhs indonesia aja dijadiin bhs internasional :lol:
    yup, bener banget..terasa sekarang nih, kekurangan2 kalau gak bisa bahasa inggris..padahal kesempatan terbuka lebar jika bisa bahasa inggris :(

  3. ehm…ehm..blognya keren jg ..,,

    btw, Qt kudu nguasain bhs inggris. Q jg pernh nerapin tips nguasai bhs inggrs dg menggunakan kartu per hr 5 vocab,, alhamdulillah bhs inggris Q meningkat namun sayang agaknya Q kurang bs nerapin krn kesibukan yg terkadang bhkan sering terlupa tuk ngulang2in lg, so give me advise to improve again, please..

  4. @cempluk

    Lam kenal balik…
    Yup eraglobalisasi membuat seolah negara ga memiliki batas lagi. Apalagi dengan hadirnya internet…
    @Dy
    Bahasa Indonesia jd bhs Internasional ? ehm.. kapan ya…Entar deh, tunggu aku jadi presiden amerika.. entar bahasa inggris kuhapuskan trus kuganti ama bahasa Indonesia. hahaha :D
    @Purwanto
    Thanks udah berkunjung kesini ya.. lam kenal
    Kuncinya, konsistensi. Sesibuk apa sih, sampai2 kita ga bisa ngulang lagi 5 kata perhari. Kadang kita harus membedakan antara ‘bener-bener sibuk’ dengan ‘sok sibuk’.. Selalu ada kok waktu luang di waktu sempit kita… Percaya deh.

  5. maaf fadhli untuk yg ini “sebagai siswalah yang harus lebih kreatif” saya ngak setuju karena guru kan juga manusia dimana manusia bukan robot tetapi yg menciptakan perubahan, maka dari itu gurupun juga wajib merubah sistemnya sehingga kurikulum adalah salah satu saran ato advice saja dan bukan patokan atau dead guidelines …

  6. keren abis informasinya ttng belajar bhs ingg..salm kenal jg buat kamu.maklum pendatang baru..eh tp ak kok gak bisa masuk ke grafatar ajarin dong caranya dr awal ,.?maklum gaptek he he

    0

  7. “Buang Jauh-Jauh Tenses dan Grammar” menarik dan menantang, suka dulu bhs inggris…
    nice article, thanks bro ;)

    • @Asmi

      Met kenal juga mi… Ga bisa masuk ke gravatar ? Masa sih… Entar deh aku buat panduan lengkapnya… Tapi ga bisa dalam waktu dekat nih.. ga papa kan ?

      @Tantan

      Yups… yang penting kita suka dulu dengan bahasa Inggris. Urusan tenses dan grammar nantilah…
      Lam kenal ya…

  8. I WISH CAN SAY ENGLISH LANGUAGE WITH TRUE,I ALWAYS TRY, BUT THE VOCABULARY THAT MY SCHOOL IS DIFFICULT AND EVERY STUDYING ENGLISH IN SCHOOL, MY FAILLING I CAN DOING THE ENGLISH TEST WITH GOOD, BUT I ALWAYS FALSE AND FAIL. PLESE HELP ME, IN ORDER TO SUCCES. OKE

  9. “Practice makes Perfect”. This the key when you want to learn anything. Including to learn English. We know, English is not our mother language. So, if we have some mistakes, it’s fine.

    Just try, fix your false, and try again. My suggest is, you can practice your ear to listen English everyday. I like watching Indonesia This Morning and Oprah Winfrey Show in Metro TV. It’s a good way to improve our English skill.

    Try it… And enjoy it….

  10. aku termasuk orang yang menyesal telah membenci bahasa inggris ketika sma.Tetapi”Better late than never”.
    Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.
    Trims banget Fadli…postinganmu makin memberikan semangat!!!

    @salam

  11. Salam kenal Fadli, aku setuju dngn nia..menyesal datangnya pasti d belakang (kecuali duduk d becak dan di tabrak bajaj itu br nyesel d dpn..he..he..he.)…bisa bantu ga Fad mo dapetin 1200 kata yg sering d bicarakan .

    Salam

  12. yupz…aku seneng bangat deh baca master of english yg dibuat oleh Fadli, keren abiez.memberikan semangat buat aku untuk belajar English lg.Aku nyesel deh dah cuek ma pljrn English wkt sekolah.emank y penyesalan slalu dtngnya belakangan.Buat Fadli thanks ya atas infonya. aku akan mencobanya mpe aku bisa. hehehe…..
    buat Fadli salam kenal y…n moga sukses slalu.
    THANK YOU SO MUCH.

  13. @Rania
    Lam kenal balik ya…
    1200 kata yang sering dibicarakan ? Wah, banyak banget kalau mau di post disini. Ehm gini aja, coba u baca blog-blog yang aku rekomendasikan di atas… Nah, di blog-blog itu gunain kata-kata yang umum kok. Itu aja yang kamu coba koleksi kata-kata yang lum kamu tahu.
    Mudahan bisa ngebantu.

    @Juniartha
    Makasih udah baca artikel ini…
    Lam kenal juga ya… Mudahan ga nyesel lagi belajar bahasa Inggris….

  14. dasuki tangerang Reply to dasuki

    saya udah mencoba saran diatas, cuma saya gak ada partner untuk mengasah vocabulary saya. jadi yang udah di hapal suka lupa lagi… lama-lama jadi bosen ngapalinnya. O ya kalo ada yang mau jadi partner sukarelawan dengan senang hati saya mau belajar speaking. trims mas fadli atas sarannya…

  15. dasuki tangerang Reply to dasuki

    bagi yang suka belajar speaking email saya ya… uki@mila-tour.co.id

  16. Bener mas, partner untuk ngelatih kita berbahas inggris itu penting…
    Saya siap kok jadi partner.. :D

  17. muh.fadli (nggak nge copy bro! ) Reply to muh.fadli

    nice to meet good yips for u k’ fadli.BTW I WAS SO ATTRACTIVE IN ENGLISH BUT I WAS DIFFICULT TO FIND THE BEST QUALITY OF THE ENGLISH COURSE.SO, CAN YOU HELP ME? THANK YOU BRO!:D

  18. muh.fadli (nggak nge copy bro! ) Reply to muh.fadli

    GLAD TO MEET U BRO!.gini fad, sy jg begitu kesulitan klo pake bhs english yang asal ngomong, senangx tuh klo pake tata bhs n practisex gt ;) thanks

  19. lam knal bwt smuax n especially for fadli. btw leh minta no situ for something important,of course :D

  20. muh .fadli Reply to muh

    please asnwer my comment! :(

  21. @Muh.Fadli
    Sorry baru respon sekarang.. baru balik nih dari purbalingga…
    Senang bs kenal km. Ok nih no hape ku : 081398609262

  22. Mas Fadli, sebenere aku suka bahasa inggris, tapi ya itu, persoalan yang paling parah di vocabnya. aku tuh suka lupa sama vocab yang aku baca, sekali baca sekali inget, jadi itu yang bikin aku bt kalo belajar bahasa inggris. trus, aku juga lebih suka belajar sama guru, dalam artian bener2 seorang guru (pengajar) tapi sekarang aku kan dah gak skul lagi. hem…ada gak ya yang mau jadi guruku??? trus belajarnya juga harus face to face, susah po ra kie???

  23. lam kenal mas fadli.aku sangat menyukai bhs inggris but aku kurang menguasainya di bagian listening,tolong dong gimana caranya agar ada ulangan listening aku dapat nilai yang bagus?

  24. Untuk listening, kita emang harus sering latihan mendengarkan bahasa inggris. Kalau aku sih sering nonton acara2 berbahasa inggris. Di metro TV banyak tuh. Misalnya oprah, absolute 20/20, naked science, dll.
    Entar kalau udah terlatih, biasanya mudah. Emang butuh waktu. Dan mulai dari sekarang yah…
    Thanks dah berkunjung…

  25. thanks atas all sugestion nya,semuanya insyaallah gw jalanin. mudahan gw bisa mempelajarinya dgn tekun,& semoga berhasil!!!

  26. sasuke uchiha Reply to sasuke

    kalau gue bilang sih bahasa inggris itu lumayan gue goblok bahasa inggris karena malas(kata ortu) kalau gue rajin gue bisa jadi pintar loe

  27. Aidil_soiL UnPad 07 Reply to Aidil_soiL

    dmn adA kemauan n niat dstu psti ada jln..!!!

    bhs inggris adlah gerbg pintu dunia,, mlai dr skrg gue hrs lbh seriuz bljr bhs inggris..

    thnx. ^_^

  28. Wahyu Kavling Reply to Wahyu

    that’s only the basic way, can you give us specific method? coz am teaching an intermediate level.

  29. @wahyu
    Yeah, thats only the basic of English.
    Now, you are teaching intermediate level. I know, your English better than me. I’m sure you know how to improve your English school.

    I can’t give you the specific method. Maybe next time. I’m still learn. So, would you share your tips?

  30. Assalamu’alaikum, Fadli. Slm Kenal ya. aku Mila,,skrg aku lagi gencar2nya belajar bhs Inggris. Pengen pintar ky kamu. Barusan aku baca blokya fadli. bagus.

    Aku terbentur dalam membuat kalimat berbahasa inggris. sering error bila menerjemahkan kalimat2 berbahasa indonesia ke dalam kalimat berbahasa inggris. Harap bantuannya ya. Trus, boleh konsult dunk sm fadli?

    Fadli,,,thanks before.

  31. pas bener niii… pas kebeneran q baruu pindah n masuk lazz blinkual.. udah pernah aq coba siyyy caranya… lumayan tokcer jugaa.. :) tapii tetep,, mo nyoba ngebiasain ngomong bhs Inggris sehari-harii masih susyeeeh… rasanya ntuu mualezzzzzz… emang siyy,, english is not our mother language.. jadii ya sampe sekarang masih setengah-setengah.. ngerti orang ngomong,, tapiii kalo mo ngomong gagg bisaa… :(

  32. duuuuuuh dear all….ajarin dunk gmn cara belajar bahasa inggris yg bener….pengen rasanya bs ngomong kaya bule2…

  33. hmmm… boleh juga dicobain tipsnya
    biar ga ketemu momok ingris mulu he..he..
    lam kenal

  34. kreeeeeeen,,,!!!!! ntar w c0ba dech cranye.. klo brhasil ntar w kbarin lagi ny0.. ok ok ok!!

  35. Light yagami and L Ryuzaki Reply to Light

    aaaaaaaaaaaooooooooooo!!!!!!!!
    cm mw numpangggg!!!!! duank,, buye buaye..

  36. Dear Fadli,
    Nice to know u , Of course I am jealouse w/ u’re english, anyway I’ll take your advise in this web to enhance and improve my english, especially in speaking

    Warm Regards

  37. @Mila Su

    Waalaikumsalam…
    Silahkan kalau mau konsultasi… boleh kok.. Met belajar ya..

    @ rherherherhe
    Yups,emang bahasa Inggris tuh bukan bahasa Ibu kita, jadi ya mungkin agak keteteran.. Tapi semua itu butuh pembiasaan. Jadi kalau udah sering dilatih bisa kok.. Semngat ya !

    @ gilang
    Thanks… Dateng lagi ya..

    @ ugie
    Ikuti aja petunjuk diatas. Kalau dah dilakuin, Insya Allah bisa kok..

    @ sigid
    Yups, jangan dijadiin momok duluan. Entar kagak bisa-bisa..
    Lam kenal juga

    @ nita
    Ok, ditunggu kabarnya disini..
    Biar bisa nambah semangat temen2 lainnya..
    Kalau dah berhasil hubungi aku ya, via email.. entar biar tak tulis post tersendiri beserta pengalaman km..

    @ Light yagami and L Ryuzaki
    Wah kok numpang doank..
    ya udah, bye juga.. hehehe

    @ Umam
    Dear umam, thanks for visiting my blog. You jealous to me ? Hehe.. positive jealous huh ? It’s good. I hope it will motivate u to be better again..
    Yes, I hope this article will help anyone who wants to improve their English skills.

  38. katanya mau bagi2 1200 kt yg sering di gunakan dlm bhs inggrisss…mana nih di tungguu

  39. Wah, banyak banget kalau mau diketik.. Beli bukunya aja deh. Ada kok di gramedia…

  40. okeee … slam damai mas ….
    sory nichhh mas … materi nya d pake sebagai refrensi d blog anak X-2 …
    tp Gpp kn mas ,,, demi kemajuan anak bangsa ….
    hweeeeeeeeee ….
    thanks yawh bwt tips na … semoga bermanfaat …
    kunjungin blog X-2 yawh mas …

  41. wow wow, akhirnya stelah lama nyari tips, br ketemu neh yg keren.. GREAT! tp, ada g sih tip bwt speaking biar lancar gt.. soalny, kdg2 dipikiran tuh udah bs bikin kalimat, tp pas keluar malah cm megap2.. wehehe.. ada solusinya gag?

  42. teman saya bilang kalau saya pandai berbahasa nggris, tapi saya tidak pernah merasa pintar berbahasa inggris. rumayan untuk lepas makan sih. sekarang sayaingion lebih bisa lagi berbahasa inggris dengan lincah dan baik!!!!!!!!!!

  43. Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Mas Fadli, so nice to see this page.
    Just now i’m believed to take care of an english class by a kind of educational foundation. I have a little experience in teaching children when I was in high school, but now, I have to teach adults.
    I wonder, is there any special method that I can use to maintain their interest in learning english, more over, in building my connection with them? I want them to accept me as their friend, not their teacher.
    Thanks for ur kindness and attention.
    Wassalamu’aliakum Wr.Wb.

  44. Assalamualaikum wr wb.
    Salam kenal mas fadli..Wah ternyata bayak juga temen2 yang semangat untuk belajar bahasa inggris. Kebetulan saya mau share ni..Dulunya saya senang belajar bahasa inggris. tapi sekarang setelah kuliah bahasa inggris ku kacau. Akoe juga kurang tau. Tapi akoe sudah bertanya sama dosen pengasuh bahasa inggris ku. Di bagian mana yang menyebabkan bahasa inggris ku yang kaco. Dia bilang, belajar tenses lagi. hehhehe….nah mas, Nah sekarang saya mau tanya neh mas, ada enggak ya tips or trick gimana caranya belajar tenses lagi yang cepet..Supaya saya bisa mencoba aplikasi beasiswa luar negeri. soalnya mau bimbel gada ada waktu .. Udah kerja sekarang, Biar bisa auto didag gitu…
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
    wassalamualaikum wr wb

  45. bos,kasi tau tips buat ini dong
    1. word choosing dlm speaking – misalnya kaya “the lamp is die” “lampu itu mati”..harusnya kan “the lamp is off”..nah ini contoh kecilnya..klo misal lagi ngbrl sama org masa salah2 gtu,,bisa sih bner choosing wordnya,,cuma agak lama,harus mikir dulu..gmn ya caranya biar choosingnya ngk sala trus muncul di otaknya cepet??
    2. “Buang Jauh-Jauh Tenses dan Grammar” klo qta uda buang ni tenses sama grammarnya,kpn kita pelajarin lagi tu grammar?secara qta2 yg kesulitan ini adalah pelajar dan mahasiswa,,setiap minggunya ad plajaran english. terus, klo misal kita uda plajarin lagi ni tenses sama grammarnya,,sering bgt lupa cara penggunaan tensesnya(rumus2 tensesnya).dan jg sering bgt sala gunain tenses(misal kita mao ngmng “saya uda bljr” jadi “i have study” harusnya “i have studied” kn?)
    tq boss..sarannya dicoba deh..

  46. bos,kasi tau tips buat ini dong
    1. word choosing dlm speaking – misalnya kaya “the lamp is die” “lampu itu mati”..harusnya kan “the lamp is off”..nah ini contoh kecilnya..klo misal lagi ngbrl sama org masa salah2 gtu,,bisa sih bner choosing wordnya,,cuma agak lama,harus mikir dulu..gmn ya caranya biar choosingnya ngk sala trus muncul di otaknya cepet??
    2. “Buang Jauh-Jauh Tenses dan Grammar” klo qta uda buang ni tenses sama grammarnya,kpn kita pelajarin lagi tu grammar?secara qta2 yg kesulitan ini adalah pelajar dan mahasiswa,,setiap minggunya ad plajaran english. terus, klo misal kita uda plajarin lagi ni tenses sama grammarnya,,sering bgt lupa cara penggunaan tensesnya(rumus2 tensesnya).dan jg sering bgt sala gunain tenses(misal kita mao ngmng “saya uda bljr” jadi “i have study” harusnya “i have studied” kn?)
    tq boss..sarannya dicoba deh…

  47. mau jawab kapan bhs indonesia jd bhs internasional,lebih baik jangan deh..,soalnya orang inggris juga kadang” minder liat bangsa lain mahir bhs inggris sedangkan mereka tidak ada bahasa yang atau untuk di pelajari,bahkan bangsa lain mampu menguasai gramer ataupun tenses yang mereka sendiri bosan membicarakannya.

  48. wah, it’s nice article.
    OK bgt sarannya, bos…
    Mulai hari niy saya akan coba..
    Skali lagi makacih ya…

    Btw,gimana kalo mas ngirimin saya tiap hari 5 kata mau ga?Itung2 bantu temen gitu, lagian situ khan juga pengennya ngulang2 kata2 yang udah apal to?He2..
    Via email aja ya…
    -peace, mas-

  49. thanx ya booz sarannya, aku jd tambah semangat nih….
    dulu aku sempat tertarik ama bahasa inggris tp karena banyak godaan ya gt deeeh,hahaha….
    btw kalo da waktu ceritain ya pengalamannya mungkin dapat menambah semangat baru buatku,hahaha…

  50. ka fadli lam kenal yach..
    makasih atas tips2x moga bermanfaat buat aq,sebenernya aq suka bgt ma bhs inggris n sempet kursus jg tp aq msh ga pede,oya gmn sih cara ngomong inggris yg da huruf R nya,lidahnya digimanain supaya kaya lidah bule gitu?

  51. Dhea sajah Reply to Dhea

    terima kasih atas kiat” nya

    makasih…

  52. wah seru, cuma emang bener, sebelum jago english sebaiknya jago dulu Bahasa Indonesia, ato jalan2 dulu ke blog Bahasa, please! juga boleh :D

  53. bagus jg usulnya mas, grammar mmg sudah, dari dulu belajar tp msh saja bingung klu liat atau menyusun kata2nya, kayaknya skrg yg penting dulu yaitu menghapal kosakata sebanyak2nya , klu aku sering2 nonton film barat dengan text nya yg berbahasa inggris , lumayan buat belajar2 sedikit ……..

  54. Hei…so nice to meet you mas fadly..
    Thats sound fine, your blog is intristing for many people,including to me.. Btw, I have question where I can’t find the answer..I often found the trouble to make attractive sentenses when chatting with people.what can I do mas fadly?I’ll wait your reply mas fadly..thx u so much

  55. thanks…

    cuma dibutuhkan kerajinan dan ketekunan

    semangad…

  56. When you want to tell what in your mind, tell it in English, especially when you are falling in love. believe me dud, it works!!!

  57. assalamu alaikum….salam kenal Dok ( calon ya….)
    ajari ngeblog dong

  58. afrilia ErnES naTASya Reply to afrilia

    KAk aFDLI aQ mau TANYA,,,,

    1. Gimana SECH cra mENGhlngkan RSA maLU Ktk nGOMong ENglish am TEman???

    2. Gmn NGATasi mTERI Peljran ENglish n gRUX zg HNYA bs nGASIh mTERi gt2 aj G d pNGEMBAnganX??

  59. afrilia ErnES naTASya Reply to afrilia

    oZA… kak AQ aFRilia ANk SMk teLKOM klS 1….

    mAu tNYa GY….

    1. teMAN2 SLAlu MEngaNGGAP dri sYA adlh CWE ynG MHIR bRBhsa INGGRIS,,, nmUN KNyatanX tdK spERTI ITU?? dI LUAr sna ADA bnYK ZG jauh2 lBH baek,….?? N kTK ADA evEnt2 APApun Sya SLALU di TUnjuk…
    sYA MeraSA gak Enk…. ADa jg Zg SEMpat BLG
    “eH,,Kenapa SECHHH u TERuz zg DTUNJuk?? KAYAk ZG bERGUNA itu cuma kamu ?”. gmNA nEHH Kak??

    2. APkaH KTK ADa PerINTAH gru SYA hrus mENGHindaR?? dIAM seRIBu bhaSA N pura2 G Bisa??

    ….. sBELUMNya mKCH ZA kak,,, DAH mau BCA… n adEK harAp seCH,,,, Pean mau BAlezzz… COZ Ny peNTG BG SYA,,,

    ….thanK;S a loT………. niCE 2 mEEt u………..AFRiLia “PasTEL”.

  60. ka q mw tnya ne gmn ce byar bsa ngrti bhs inggris dg cpat cz lo q ndngrin rang ngmong pke bhs english kpala jd psing bgt.tlong di blz yow!

  61. Assalamualaikum..
    Bro..metode kartunya efektif ga buat belajar mandarin, skr kan banyak job-job yang minta kita bisa bahasa mandarin, bro sis ada yang pernah coba atau ada metode yang canggih buat cepet belajar bahasa mandarin?
    wassalam

  62. 1. Mas ksih Tau Tips yg Efektif Kita blajar bahasa Inggris. Kadang2 kita suka malu dengan kondisi kita Yg kurang lancar berbahasa Inggris,
    2. tips cara menghilangkan rasa Takut Ngobrol dengan Touris (bule). dlam hati keinginan Buat ngomong ada tapi takut salah.

  63. thanks 4 ur article, aku pengen nerapin metode kartu kamu untuk penelitian tindakan kelas, boleh dong yah!but klo masih ada metode2 yang u punya, pengen dong sebagai bekal untuk ngajar bahasa inggris.
    thanks b-4.

  64. :wink:
    b.inggris kok sulit banget ya??? rumit and xebelin
    gmn ya biar aq bisa berbhasa inggris and jga menyukai bhsa inggris….???

  65. tau nie w pgen improve english tp malez bwt ngapal2 gtuan kyk vocab,,, tyuz kumaha dunk,,,,lam kenal yawh…METODE paling gampang pa nie….

  66. wuih…subhanallah..di usulkan ke pembuat kurikulum aja dli…sukron ya tips nya, soalnya mungkin aku adlh salahsatunya yg agak berat memahami bahasa asing.

  67. yeah empyun mez fedly,,,kohk getyu ceh kachih syarannya,,,,(versi : cinta laura :mrgreen: ) i not understood suggest you,,,why that…(bingung nggak??? :???: )

    gimana kalau kita menemukan kasus seperti itu???free translation tanpa grammar atau structure yang dipakai???

    Aku tau maksud mas fadli adalah principle function of a language atau fungsi dasar bahasa,,,alias sebagai media komunikasi,,,

    Sebenarnya, technique yg mas sarankan adalah objektifitas dari EFL (English as foreign language) learning terdahulu,,,
    dan technique tersebut telah diperbaiki atau di eliminasi karena terbukti menghasilkan dampak yang buruk pada produk SDM hasil technique tesebut,,
    abiguitas yang tinggi dan gagalnya kumunikasi pada real native speaker,,

    komunikasi menggunakan technique yang mas sarankan atau setau saya istilahnya “communicative approach ” hanya efektif pada komunikasi sesama kaum pribumi yg sebahasa karena kita memiliki sistem kebahasaan yg sama
    dan otomatis memiliki konsep yang sama.

    tp bagaimana dengan orang inggris asli atau native???
    dengan ambnguitas yang tinggi tidak akan sulit ditemukanya kasus misunderstanding atau wrong perceptions,,,
    iya kalau cuma conversation biasa,,,la kalau waktu itu pada proses negosiasi dengan negara asing yang menentukan nasib bangsa???
    atau sebuah perusahaan yang gagal dapat tender cuma gara2 komunikasi yang tidak jelas atau salah paham tentang maksud tertentu,,,,
    repot kan??? :sad:

    walaupun technique tersebut cm sekedar cara cepat belajar inggris buat anak2,,tp sering kali pengajaran pada waktu kecil akan menjadi acuan pada tahap selanjutnya atau error yg terus menerus ditoleransi akan berakibat buruk pada proses belajar selanjutnya,,,

    lagipula,,proses drilling atau penghafalan koskata yang membabi buta tidak akan berguna banyak,karena terbatasnya daya memory manusia,,

    oiya maap,,ikut campur blog orang,,cuma numpang lewat og,,,
    :grin: :grin: :cool: :grin:

  68. 1. untuk menguasai bahasa asing dengan mudah dan cepat;
    A.speaking ;ini adalah komponen terpenting ssaat kita belajar bahsa asing .kita belajar dari bahsa ibu dimana kita mendengar kata -kata yang diucapkan oeh orang -orang disekitar kita. caranya ? lenturkan lidah kita dngan cara kita berpura-pura bisa berbahsa asing dgnan baik kalau bisa cari video bahasa asing sasaran kita ,tiru logat dan cara pengucapannya.belajarlah untuk mengucapkannya dengan cepat.
    B.mulai dengan percakapan dasarnya ,kata-kata dasarnya ucapkan berulang ulang dengarkan berulang ulang ,beli buku terbaik tentang bahsa itu . mengapa hanya kata-kata dasarnya ? para pakar linguistik sepakat bahwa 98% seluruh percakapan yang ada menggunakan hanya sekitar 2000 kosa kata.artinya hanya dengan menguasai 2000 vocab saja kia sudah bisa berkomunikasi dengan baik,kuncinya ucapkan dngan baik ,engar dengan baik ,tulis dengan baik.dan yang kadang dilupkan adalah ,pelajari bahasa asing layaknya bahasa ibu artinya kita menceburkan secara total diri kita dalam bahsa asing itu
    maksudnya jangan gunakan sistem terjemahan yang justru akan menyulitkana kita mencari padanan bahasa ibu kita .
    C. sekarang era internet ,manfaatkan internet untuk mengasah kemampuan b.asing kita .contoh gunakan situs http://www.polyglot.com disitu kita gunakan untuk meminta orang lain mengajari bahsa asing kepada kita dari seluruh dunia.
    d.setelah kita menguasai percakapan dasar,stelah sebelumnya kita mengabaikan tata bahasa ,barulah kita mendalami tata bahasa dan seluk beluk bahsa itu.
    BEBERAPA PERTIMBANGAN;
    1.jangan hafalkan kosa kata satu persatu seperti maaf saran mas willlyhandarwo, mengapa? karena itu akan menyulitkan otak kita merangkai sebuah kata dan itu bertentangan dengan cara kerja otak kita berbahasa . sebaiknya hafalkan kosa kata sebgai ssebuah kata terangkai yang punya arti(kalimat) terlebih kalimat pendek tak lebih dari 7 kata. lebih baik kalimat lucu ,berkesan bahkan jorok..disinilah titik paling krusial dimana kita mengabaikan untuk sementara waktu grammarnya setelah kita menguasai beragam ungkapan bahasa maka akan muncul dengan sendirinya pemahaman tanpa sadar tentang grmarmya .sekali lagi seperti kita belajar bahsa ibu. Tapi tentu saja di perlukan upya kreatif dari si pembelajar itu sendiri.
    2.buat cara belajar yg lebih kreaif.misal belilah beberapa buku pecakapan pelajari temanya masukkan kekomputer kita buat gambar penuh warna yang menggambarkan isi dan situasi percakapan itu usahakan cetak dalam ukuran A4 sisipkan audio nnya untuk kita dengar sambil kita membaca teksnya dan memvisualisasikan situasi dan emosi didalamnya juga musik lembut seperti musik barok yang lembut dan menenramkan hati, tujuannnya untuk merilekan pikran kita agar mencapai tahap gelombng alfa dimana pada gelombang inilah otak kita menjadi sangat reseptif artinya bsa menyerap informasi dengan mudah bisa dipraktekan kapanpun dan diulangi sebelum tidur . saya hqqul yakin jika diterapkan dengan baik ,hanya dlam waktu 3 bulan bisa menyamai hasil yang diperoeh dengan kursus intensif metode kovensional selam 3,5 tahun . cara ini telah dipraktekkan di bulgaria oleh georgi lozanoz yg berhasil secara mengagumkan ,rata-ata muridnya mampu menguasai 350 -500 kata dlam waktu satu minggu juga berhasil dengan baik di amerika oleh barzak institute .
    sekian apa yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan maaf jika kepanjangan mohon maaf .
    dengan pendekatan baru diatas sebenarnya kita mampu menguasai bahasa asing dengan mudah .karena selama ini kita terjebak dalam pendekatan dan paradigma yang salah terutama pelajaran sekolah .

  69. Hello,

    I’m learning English.
    Every time I ask about how to improve my English, people always say “practice”, “practice”, and “practice”. Even, native speaker gave the same suggestion for me about this last time.

    Hmm.. What a simple word, but has complex meaning. Yeah, Practice is the key for English ability.

    Btw, I’m looking for friends to be my key pale in learning English.
    Would some of u become my friends then?
    You can contact me by email or YM. My email address is indra_sentosa@yahoo.com

    Thank u.
    Regards.

  70. nice to visit this blog?? W jd tambah smgat bwt blajar english

  71. Baim Trisna Reply to Baim

    wew……..blog ini bagus banget. Jd terinspirasi bwt q tuk menguasai seluruh bahasa dunia.

  72. practice english language, very important to us because english language is international language, so we must to improve and study english with serious.
    oc thank your all,you have reading my write.

  73. aku ada tips nih.. terutama buat yang males belajar. hahaha
    nonton film barat, banyakin.. tapi subtitle’a english dong, jadi kan ngeliat ceritanya ngerti juga tuh orang pada ngmong apa, skalian belajar tulisan kata2′a gimna..
    aku bisa inggris tapi ga pernah les, ya dari itu, kebanyakan nonton film. :P

  74. pemuja rahasia Reply to pemuja

    oh jadi kalo mau belajar bhs inggris harus begitu..
    kalo mau belajar bahasa planet kyaman Mba .. ada idenya gk he105….. :grin:

  75. iiihh…… ttp jha niih blajar bhsa inggris ssah!!!!

    biar cpet bsa gmn nihh???

    ksih tw donk cara efektik nya :razz:

  76. waah, belajar b.inggris itu suliiit skalii.. apalagi conversation :( huft… pgn banget bisa ngomong lancar kayak tuh bule2 luar negeri yang ngomongnya udah british bgt sampe2 aku gatau apa yg dia bilang.. hahahahah…

  77. add ym saya yah mas : susi_niez55 :)

  78. hi salam kenal ^^
    thanks for inspiring me with this post, I’m 21 in same age as you, was just graduated from english department, I start being as an english teacher..
    ngajar dgn kartu, game, lagu itu aq udh tw dr tmpt les dlu..
    tp yg sulit itu gmn bkin anak2 suka bhs.inggris y..msi bingung..
    ohya u’re a medical student? mampir ke blogq Health Tips http://waysforhelath.blogspot.com ya… c ya..

  79. sy jg ikutn dong,,, pengen bngen tuh pintr ngomog b inggris tpi syng kosa katanx msih amburadul ampun deh,,,,,,,, malu bnget,,,,, :tpi suka biar nyambung ma tmen2 gimn caranya yah

  80. A rumored bout between former UFC lightweight champion Sean Sherk (33-4-1 MMA, 7-4 UFC) and Clay Guida (25-11 MMA, 5-5 UFC) has been scratched from the UFC’s first live card on Versus.

  81. gmnax cra na bear blajar bhasa inggris cpet….

  82. Like a parent, all certain adore your baby. Besides using attention of them with like, we must concern about the development of our infant. Hence, infant musical toys is suitable for infant to perform with and acquire their interest to the atmosphere.

  83. klo ak pinter bhs inggris…gara 2 pas klas 5 SD ak dpet textnya lagu denpasar moon nya maribeth…nah dari situ..ak getol pengen bs nyanyi bhs inggris…hehehe..maen ke tempat saya juga ya….salam kenal….yg lain juga boleh maen klik aja…name ku

  84. lumayan tuh..
    tapi aku suka malu kalo ngomong bhsa Inggris soalnya aku cadel . ahaha..

  85. Bahasa Inggris susah hafal’ya Bosan,, nulisnya aja dah beda apalagi baca/ Kata teman aku Bukan bahasa nenek moyangnya…good luck semuannya….

  86. aku dari dlo gk prnah serius bhsa inggris,,mkanya skrng q nysel bgt n sejak q d DO dari skolah tuh q pngn bgt bljar bhsa inggris biar msa dpan q cerah…
    hmmm,,tolong dnk bantu q biar bsa pinter bhsa inggris….maksihh.. ^^

  87. Orang macam Bang Fadli gini nih yang bisa bikin Indonesia maju.
    karna mau mengajarkan ilmunya pada yng lain.. jadi dngan modal kamus harga 60rbu aja aku bisa mahir berbahasa inggris…
    trims ya Bang….

  88. wi_dhuri ^paDANk^ Reply to wi_dhuri

    thanNKs bgt yach atas sarannya,,,,,,,,,,,,, ntar saya aakn cobain tiap hari,mudah2an j suces.amiEnnnnnnnnnnn

  89. thanks yah sarannya, aku sendiri agak deg-degan nih, soalnya kuliah ambil jurusan sastra inggris, takutnya ntar mlah kagok dan takut2an.. tpi mudah2an lancar… hmmm

  90. .. mkasih ya buat tips2 ny ..
    .. kya ny lbh mudh buat ditekunin ..
    .. thank’z ..
    .. lam kenal .

  91. nice page..^_^
    hello..let me introduce myself..
    my name’s Dea..
    I live at Yogyakarta and I study at English Language Education Study Program..
    Let’s we learn English together and we share our English knowledge each other

  92. thx y… ^_^

    nice ajha

  93. is Very good Guyssss…………………

    sARAN yang sangat menarik….!!

  94. mksih ats tips2ny
    Ntar ta coba…..doakan mga berhsillll…….
    alnya q pling susah mnghfalkn vocab….sbnarnya q punya bnyk ide tp q ssah untk mngungkapkannya

  95. Thank’s buat saran dan masukannya….

  96. thanx’s ptnjuk nya… :)

  97. ada satu lagi yang penting dalam proses penghafalan kata bahasa asing, yaitu ketika kita menghafa kata kita harus bisa mengasosiasikan antara sound dengan object (image) dalam pikiran kita, contohnya ketika kita mendengar kata [tree] jangan terjemahkan kalau tree itu adalah ‘pohon’ tapi bayangkan bentuk ‘tree’ tersebut dalam otak anda. layaknya ketika seorang anak Jawa yang masuk sekolah kemudian gurunya menyebutkan kata [pohon] dalam bahasa Indonesia, murid Jawa tersebut tidak menterjemahkan kata tersebut dalam bahasa ibunya (mother tonge) menjadi pohon= ‘wit’. Translating takes too much time and mental energy. you have to think twice when you’re translating a word.

  98. tnx banget ya ..
    tapi aku mau tanya niiy .
    gimana sih cara nya seneng sama bahasa inggris .
    tnx ya ..

  99. Wuich. . . Mantep,.
    Berarti gramar ama tense gag bgtu pntg dumz crtax?

  100. Bgmn kah cara menterjemahkan bahasa indonesia ke bahasa inggri, m0hon diblaz coment from me?

  101. aku mau jadi anak pintar dan mem banggakan orang tua

  102. i like your blog guys…..may be next time we sharing about english language……

  103. aziz MANDA Reply to aziz

    tris’s ya kang. . . . . …….. ?????????

  104. teru-teru bozu Reply to teru-teru

    salam kenal..
    Makasih sarannya..

  105. pengen tau gimana caranya agar kita mudah paham sama ucapan yang di omongin sama orang yang lancar berbahas inggris . misalnya kan kita ngomong sama bule nah kebiasaan cpetkan itu gimna caranya ?/???/
    biar kita lebih paham ?

  106. I want the best teacher to teach the English to my students, I must study hard so that I can reach my ambition .

  107. Learn a language is like you learn how to swim. To swim mean deep your self into the water and do swimming. You want to learn English then just speak English, make note in English and think in English. That’s it. My first English teacher taught me to learn by heart 10 new words every day. We did, and succeed. English is not our mother tongue, any mistakes may happen, but keep on ward.
    Congratulation for the inspired blog.

  108. dari dlu sampe kuliah skrng, saya memang tidak mnyukai dngn yg nama’y bhs inggris..tp kmajuan zaman pda saat ini, memaksa saya untuk bisa mnguasai bhs.inggris..
    smoga dng mngikuti smua saran di atas, saya bsa lebih menyukai bhs inggris n syukur2 bsa mnguasainya..
    thnx infonya..

  109. it’s very interesting, we must loving english language cz english language is international languange . so we must study hard to get it :)

  110. Hello.. I’d love it. I did it, but for the first time.. I was confused how to tell it just write but don’t know to speak.. haha :) I followed the clue in dictionary how to read, but hmmm I still asked to my friends or others who know about English so I guess that talking with others in English is one of the better way too. it can make us be easier to learn about English.. coz Not only know about English but also we’ll speak fluently… ;-) thank you

    Warm Regards
    Mis

  111. isty ana larsya Reply to isty

    kanana jangan males ya kalo di suruh sama ibu terus jangan suka ngelawan yah kalo di bilangin ya kanana salam buat ka nana dari isty jangan di baca sama sapa sapa yah ka nana

  112. isty ana larsya Reply to isty

    aku penge nanti aku kalo udah besar aku mau jadi guru yang bisa bahasa inggris kaya kaka aku dia ointer dapaet ranking satu

  113. thankz bro for informationnya,,

  114. elin yoon shi yoon william Reply to elin

    buat yang bikin blog ini thx banget ya…
    soalnya gw jg tkut sma pelajaran b . inggris
    yah…. buat ngurangi rasa ga ska ma b . inggris lah….
    klo yang susah ngomong b . inggris gmna ????? ( sebenernya gw si yg ga bsa ngomong b. inggris ) ksih tips nya dong -_-

  115. gw suka banget sama tulisannya,,,membawa semangat gue tuk mau belajar lagi sama bahasa inggris…yah sebagai bahan untuk mengisi waktu dari pada ngerumpi lebih baik cari ilmu sebanyak-banyaknya . thanks yah..semoga saya ngak angin-anginan dalam meyakinkan diri saya tuk mau baca / belajar tulisan dalam bahasa inggris. Saya Ingin bisa belajar / bicara dengan lancar dalam bahasa INGGRIS.

    Chayooo

  116. sy rasa,tips kamu patut dicoba, sy suka bhs inggris.

  117. hoho.. i like this, saya rasa bener juga isi blog ini. Coba kita lihat 8 bulan kedepan, apa yang akan di commentkan disini.. berhasilkah.. atau gagalkah…. semua tergantung kita sendiri, “keberhasilan esok dan masa datang adalah tergantung dari apa yang kita lakukan hari ini”
    thanks for fadli..

  118. emm,, thank’s ya udah ngasih tau bagaimana cara mudah tuk berbahasa inggris ( bahasa asing )
    o iya, info dari kamu berguna banget lho
    thanks ya.. :) :D

  119. Teuku ALdy Reply to Teuku

    ketika saya wawancara ternyata b inggris sangat perlu

  120. says:
    ketika q belaar seperti itu menambah wawasanq berbahasa ingris tpi klw ud di many people I fell nerves and forgot about I waant to say

  121. ternyata belajar b.ing tu gk terlalu susah
    asal ada kemauan :)

  122. Aku ini anak 16 tahun yang sangat pemalas..
    bisa di bilang cukup pemalas.
    apalagi harus belajar bminggris.. Hoeks.m mlasnya..
    tapi kadang aku inginsekali blejar b.inggris..
    gimana caranya untuk cepat bisa untuk Pemula seperti aku ini mah?

  123. thank’s yah..infonya bgus bgt…nanti saya akan mencobanya..
    mudah-mudahan bisa berhasil..bntu dengan doa juga ya…
    karena saya punya cita-cita agar kelak saya besar nanti saya ingin tinggal di Bellive,New Jersey :)

  124. Mantap Mas, Kita bisa kok belajar bahasa inggris sendiri….

  125. makasih atas kasih tau’a yah :D
    mudah”an aja saya bisa ..
    thx :DDDDDDDDDDD

  126. trimakasih yah atas tipsnya…mudah2an cepat saya ngerti bahas inggris
    pengen banget tau bahasa inggris, tapi selalu gagal. memang saya pernah minta masukan dr sahabatku yg pintar bahsa inggris….sama sperti ini, cm dia bilang kosa kata yg dihafal dari satu jenis dl, misalnya kelompok dapur dulu semua…..
    makasih ya…

  127. I love english but i am more love indonesian ,, because in indonesian people* all friedly * ……………….

  128. Laavigne says: Reply to Laavigne

    Wouw aQ pengen bnget Pnter Bhsa Inggris
    Mnurt Qu Bhsa Inggris sprti dunia ku
    tp gmna y yar bisa brBhsa Inggrs dng mudah
    Dan Cpat
    Wouw yuppzzzz

  129. blog ni mmbntu aku yg lgi pngen improve my English
    terima kasih :)

  130. winda_bali"s people Reply to winda_bali"s

    thanks ya.. tas infosmasinya… skarang q jadi tau bgaimana cara bljar bhsa inggris dgn cepat…

  131. i feel dificulty for a speaking maybe because low vocabullary . i guess vocabullary very importent for development speaking proficiency and now my problem is when i remember vocabullary im always forget ….. example to day i remember 5 word , tomorrow 10 word . when i remember 10 word 5 word yesterday im forget again ….. i need suggest

  132. tx 4 this posting,,pengen mencoba open the blog,,for improve my english

  133. thanx yaa sob hehe jadi bisa belajar banyak di blog ini :-D

  134. thanks you very very much
    jd bnyk lebih tau tentang belajar b.inggris dng baik n benar

  135. hay bro bisa tdk belajar bhs inggris lewat interne buka kamus dn kosa kata lewat interne tapi lewat hp kan simpel mau didalam bes ditoilet di halte diwarung di cafe kn bs belaar bro ..ok bro mksh

  136. hay dasuki tangerang mau tdk jd patner aku …patner jualan lele dombo ha ha ha . Nti bhsnya inggris smua

  137. thanks…. sangat bisa dipahami….. thanks for sugestion….

  138. thanks atas informasix, tpi bagaimana cara untuk menekankn niat qta agar mau belajar bhsa inggris yg baik ?

  139. boleh di tiru…
    hehehe mkasi banyak… :)

  140. Hmm,,,kok gk kepikiran slama ni baca blog ya…How pitty I am…hehehe…
    tx u y buat masukannya.

  141. pengen deh sekolah disana, cita-cita ku sih sekolah di sana, tapi aku takut ga kecapaian, semoga aja aku bisa sekolah disana,
    makasih ya ceritanya. :))

Leave a Reply