Selalu Ada Hikmah di Balik Musibah, Selalu !

Kemarin (Rabu, 17 Juni 2009) sekitar jam 12 siang, aku mengalami musibah kehilangan tas ku di Musholla kampus. Isi tasku “lumayan” lengkap. Di dalamnya ada Apple MacBook White (my lovely laptop), HP Nokia 7610 kesayanganku, Hard Disk Portable Transcend Store Jet 320 GB (yang hingga terakhir sebelum hilang sudah terisi sekitar 270GB), 3 Buah Flash Disk, 20 CD kosong, Buku Praktikum, STNK Motor, Kunci Kost, Kunci Motor, Jaket kesayanganku, Jas Almamater, dan barang-barang pribadi lainnya.

Ceritanya gini, ketika aku datang ke mushalla untuk sholat, ternyata jamaah udah mencapai rakaat pertama. Otomatis aku ga bisa ke depan untuk menaruh tas biar lebih aman.

Nah, makanya aku naruh di bagian tengah masjid. Di sekitar tas ku itu ada juga beberapa tas lainnya. Tanpa menaruh curiga ataupun kekhawatiran aku pun meletakkan tas ku disana. Kemudian aku pergi ke kamar mandi sebentar untuk buar air kecil.

Sekembalinya dari kamar kecil, aku ngambil air wudhu untuk sholat. Dan ketika aku mau ngecek tasku, eh udah ga ada. Langsung deh, manggil temn-temenku yang ada di sekitar musholla itu untuk bantu nyariin dan menghubungi satpam kampus (btw, mereka teman-teman yang luar biasa! Langsung bergerak cepat, thanks banget).

Setelah dicari sana-sini, tas dan isinya itu pun belum tampak batang hidungnya. Setelah aku berusaha mencari dan pada akhirnya mengakui bahwa tas ku benar-benar hilang, semuanya aku kembalikan kepada Allah.

Aku yakin Allah mempunyai rencana yang sangat indah ketika aku di cobakan pada ujian ini. Dan ketika itu banyak temen-temen yang menasehatiku, bahwa yakinlah setelah ini Allah akan mengganti nya dengan hal yang lebih baik.

dan Terbukti !

Setelah kehilangan laptop itu, aku akhirnya menyadari beberapa hal yang menurutku adalah hikmah dari kehilangan tas dan isinya itu. Antara lain :

  1. Melatih kedewasaan. Yah aku mencoba bersikap tenang dan tidak gegabah ketika mengalami hal itu. Mudah-mudahan ini sebagai jalan dari Allah agar aku bisa melatih kesabaran dan ketegaran. Insya Allah.
  2. Semakin mengingat Allah. Kehilangan barang-barang ini salah satu jalan dari Allah untuk mengiatkanku agar lebih mencintai-Nya daripada mencintai materi dunia ini. Terima kasih kepada teman-teman yang telah mengiatkanku akan hal ini.
  3. Beristirahat sejenak dari dunia teknologi. Nampaknya sejak dulu aku susah banget dipisahkan dengan teknologi. Allah saat ini sedang menguji ku agar beristirahat sejenak dari dunia tekno. Mungkin saja, selama ini waktu ku lebih banyak bersentuhan dengan “mereka” dibandingkan mengingat Allah dan beribadah. Mungkin sudah saatnya untuk merehatkan diri dan banyak-banyak bermuhasabah.
  4. Dapat Order ! Yah, ini salah satu manfaat sampingan yang kudapatkan. Setelah kehilangan itu, ada salah satu mahasiswa keperawatan yang sedang berada di masjid itu menghampiriku. Menanyakan musibah yang kualami dan berbincang-bincang. Dan ujung-ujungnya pembicaraan mengarah kebisnis. Dia menawari ku order untuk mengerjakan buku angkatan mereka. Yah, alhamdulillah. Lumayan, bisa buat nabung untuk beli laptop lagi.
  5. Makin kenal satpam. Karena ketika hilang ini aku langsung lapor satpam, dan bersama-sama satpam aku mencarinya, kedekatan dengan satpam di kampus jadi lebih akrab daripada sebelumnya. Sekarang kalau aku keluar dari kampus cukup senyum aja tanpa memeriksa STNK (di kampusku biasanya seluruh motor diperika STNK nya sebelum keluar). Yah itu juga hikmah menurutku.

Nah, itulah hal-hal yang bisa kupetik dari ujian ini. Aku harus bisa lolos dari ujian ini biar bisa mendapat nilai A+ dari Allah. Amin.

Tetap Semangat !

0
Fadli Wilihandarwo

Saat ini masih menjalani peran sebagai mahasiswa di Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran UGM

18 Comments

  1. ^^

    “Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mukmin; yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa MUSIBAH, ia BERSABAR, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan HAL TERBAIK bagi dirinya.” (HR. Muslim)

    sabar dan ikhlas yo fad..
    4w1 pasti akan mengganti dg yg lbh baik..:)
    karena skenario-Nya selalu indah..

  2. Sebelumnya saya turut prihatin atas musibah ini.
    Jarang orang bisa cepat bisa mengambil hikmah dari musibah yang dialami, kebanyakan (seperti saya juga) langsung mengumpat, marah, menyesal, menyalahkan diri sendiri. Apalagi barang yang ilang itu sangat berharga.

    “Aku yakin Allah mempunyai rencana yang sangat indah ketika aku di cobakan pada ujian ini” *setuju

  3. turut berduka Fad… maap telat tau

  4. assalamualaikum …
    salam kenal mas,,,

    dibalik cobaan selalu ada hikmahnya..
    cobaan adalah salah satu bentuk kasih sayang lAllah kepada kita,

    “bahwa yakinlah setelah ini Allah akan mengganti nya dengan hal yang lebih baik…” Insya Allah…

  5. Salam kenal mas wili…Turut berduka cita atas “gadget” yg wuih luar biasa itu…Apalagi gadget tersebut berisi file penting yg berhubungan dengan suatu amanah…

  6. evy

    Assalamualaikum…..

    Ada berbagai macam cara Allah menyayangi kita, Fadli. Beberapa diantaranya adalah:
    1. Menyayangi kita dengan selalu melindungi dan menjaga kita dari melakukan hal-hal yg dilarang Allah.
    2. Menyayangi kita dengan cara memberi ujian apakah kita menjadi hambanya yg bisa bersyukur terhadap segala yg telah diberikannya apabila suatu saat hal-hal duniawi tersebut diambil kembali. Jika kita sadar dan ikhlas, maka itu adalah cara Allah memperingatkan kita untuk kembali ke pangkuan-Nya. Bukan-kah hal itu lebih baek daripada tidak diperingatkan sama sekali, ya kan? :)

    Ketahui-lah bahwa rasa sayang dan cinta Allah pada hamba-hamba yg dikasihi-Nya lebih besar dan lebih indah dari apapun yg bisa kita bayangkan di dunia ini, dan lebih dekat dari urat nadi kita sendiri. Sesungguhnya kepada Allah tempat kita semua akan kembali…. :)

    Jadi, jangan sedih ya Fadli… :)

  7. sabar y ‘li….
    moga cepat dapat gantinya!

  8. A. Rohim Sairin

    Betul mas. Tiapkejadian pada diri Kita pasti ada hikmahnya. Tapi banyak orang menganggapnya sial, padahal anggapan itu salah besar.
    Makanya dekatkan diri pd Alloh Swt. sedekat-dekatnya . amiin.
    Salam kenal masa.
    Mas gimana ya… saya kepengan bisa ngeblog… mohon sarannya.
    Trima kasih. A. Rohim Sairin.

  9. dilla

    fadli…wah, semenjak gak ktmu lg pas SD dulu…ternyata pas ktmu, kamu udah le bih dewasa yah??? salut bwt kamu!!! ;-)

  10. hardhantyo

    wah,, kita sama fadli, dulu aku juga kehilangan barang berhargaku semua didalam sebuah tas berwarna hitam kesayanganku di tempat yang sama sepertimu, hehe.. dibagian depan juga.

    Kejadian yang gak mungkin aku lupain seumur hidup, karena merubah jalan hidup

    kalau aku waktu itu kehilangan laptop toshiba terbaru umurnya baru satu bulan dan barang-barang keperluan usaha yang lain, yang jadi permasalahan, laptopny itu masalahnya bukan punyaku dan umur laptopnya baru satu bulan, haha.. mau gak mau, otak harus diperas untuk mengganti itu semua

    tapi alhamdulillah itu sudah lewat semuanya, dan tentunya Allah hanya memberikan cobaan pada hambanya yang mampu, hehe.. keep movin, never give up

  11. Bila kita menghadapi suatu masalah kita harus yakin pasti nada jalan keluar untuk menyelesaikan dan Tuhan tidak akan diam melihat hambanya yang susah..Bersyukurlah..

  12. Ar

    Ibu salut dengan kepribadianmu, Fadli.

  13. joko

    allah huakbar, masya allah…
    No coment, btw:
    sy acung jempol buat kamu yg memiliki keteguhan hati yg luar biasa. Allah selalu menyertaimu wil….

  14. Dewi Erowati

    Amin. all the best for you kak..
    makasih kak.. I learned a lot.

    wah ternyata byk to yg ilang kirain MacBook aj.
    by the way, itu tas ajaib ya? byk bgt isinya. hehehehe

  15. esty

    Allahhuakbar. Bener bgt, apabila qt dapat musibah, dibalik itu ada hikmahnya. Allah Maha Mengetahui Keadaan hambanya. :) nice

  16. wow, ternyata masjid FK serem juga ya kaaak, tadi temenku juga ada yang kehilangan tas…..
    tapi salut banget ka Fadli bisa ambil sisi positif dari hal yang negatif :)
    Allah tidak akan memberi cobaan melebihi batas kemampuan hambaNya :)

  17. ade ajar andryani

    yg sabar yc..!
    q jga baru aja ktimpa musibah.
    awalnya,sabar yg bnyak di sampaikan temen2 q..sangat sult buat q terapkan dhati ni..
    tapi dgan membaca cerita mu..
    insyaalh q pasti mampu sabar..

  18. gunady

    suatu cerita pengalaman pribadi yang luarbiasa dan penuh inspirasi .

Leave a Reply